Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika ke Ungaran, Cicipi Kelezatan Tahu Bakso

Kompas.com - 11/02/2014, 08:39 WIB

UNGARAN, KOMPAS.com - Sebagai kota tetangga Semarang, Ungaran punya pilihan makanan khas maupun oleh-oleh yang berbeda dari Semarang. Jika Anda mampir ke kota ini, jangan lupa membeli oleh-oleh khas Ungaran, tahu bakso.

Di kota kecil ini banyak toko tahu bakso. Tapi dari sekian banyak toko itu, ada satu merek yang merupakan pelopornya, yaitu Tahu Baxo Ibu Pudji.

Tahu bakso inilah yang sekarang menjadi ikon oleh-oleh khas Ungaran. Ibu Pudji mulai merintis usaha oleh-oleh ini sekitar tahun 1996. Saat itu tahu bakso belum terkenal sebagai oleh-oleh seperti sekarang. Awalnya pembeli tahu bakso hanya ibu-ibu anggota arisan dan karyawan perkantoran di sekitar Ungaran.

Setelah cukup terkenal, tahu bakso ini banyak diborong dan dibawa ke luar kota sebagai oleh-oleh. Warung yang awalnya hanya berupa gerobak dorong, kini sudah menjadi toko yang nyaman.

Tahu Baxo Ibu Pudji tersedia dalam dua pilihan: goreng dan basah. Jika ingin menikmati di tempat, pesan lah tahu baxo goreng dan santaplah dengan cocolan kecap manis dan cabai rawit. Tapi jika Anda ingin membawanya sebagai oleh-oleh, beli lah tahu baxo basah.

Saat tiba di rumah, tahu baxo basah ini tinggal digoreng dan siap dinikmati. Untuk menjaga kualitas tahu buatannya, tak tanggung-tanggung Ibu Pudji sampai mendirikan pabrik pembuatan tahu sendiri. Semua proses mulai dari pemilihan kacang kedelai sampai dengan pembuatan tahu dilakukan di pabrik. la tak mau ambil risiko dengan membeli tahu dari pihak lain.

Dengan cara seperti tadi Ibu Pudji dapat mengontrol mutu tahu buatannya sepanjang waktu. Adonan bakso milik Ibu Pudji dibuat dari daging sapi giling yang dicampur dengan tepung kanji dan bumbu. Selanjutnya, tahu yang sudah siap, dibelah lalu adonan bakso dimasukkan ke dalamnya. Setelah itu tahu bakso direbus sampai matang dan didinginkan. Tahu bakso jenis basah dimasukkan ke dalam plastik dan dimasukkan ke dalam kemasan yang siap dibawa sebagai oleh-oleh.

Bentuknya mirip tahu isi tetapi dengan ukuran lebih kecil. Isi baksonya juga lebih padat dan tentu saja rasanya lebih enak daripada tahu bakso kebanyakan. Dalam sehari, toko Ibu Pudji bisa menjual sekitar 1.000 tahu. Satu kotak berisi 10 tahu dijual Rp 15.000 (basah) dan Rp 16.000 (goreng).

Ibu Pudji juga menyediakan bakso yang bisa dibeli secara prasmanan. Pilihannya antara lain baxo sapi, baxo udang, dan baxo ayam. Masing-masing dibanderol Rp 1.000. Selain itu toko Ibu Pudji juga menyediakan oleh-oleh dari kota sekitar seperti Salatiga maupun Semarang. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com