Kompas.com - 12/02/2014, 10:13 WIB
EditorI Made Asdhiana
CIANJUR, KOMPAS.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Cianjur, Jawa Barat, akan berkoordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi II, terkait mulai beroperasinya KA Siliwangi.

"Disbudpar akan menjadikan jalur KA Cianjur-Sukabumi sebagai jalur tujuan wisata ke Situs Gunung Padang," kata Kepala Disbudpar Cianjur, Tedy Artiawan, Selasa (11/2/2014).

Dia menjelaskan jalur KA Cianjur-Sukabumi telah direncanakan menjadi jalur wisata menuju Gunung Padang. Namun rencana tersebut masih menunggu status situs itu dijadikan obyek wisata.

"Pengelolaan situs Gunung Padang belum jelas karena belum dijadikan obyek tujuan wisata. Selain itu, Arkenas berencana akan melanjutkan penelitian dan memperluas wilayah penelitian. Setelah misteri situs terungkap, maka secepatnya akan dilakukan pembebasan lahan," katanya.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Misteri dan keindahan alam sekitarnya membuat situs megalitikum bagai magnet.
Disbudpar Cianjur baru akan berkoordinasi dengan Daop II Bandung terkait rencana jalur KA Cianjur-Sukabumi, sekaligus sebagai jalur wisata menuju Gunung Padang.

Tedy mengatakan pihaknya pun berencana dari Stasiun Lampegan disediakan kendaraan khusus yang dapat mengangkut wisatawan melanjutkan perjalanan ke Gunung Padang.

"Dengan begitu, akan mempermudah wisatawan menuju situs, sekaligus menambah lapangan pekerjaan bagi warga sekitar. Kami yakin Gunung Padang, akan menjadi tempat wisata favorit karena selain banyak sejarah dan budaya, juga panorama alamnya sangat menjual," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.