Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cianjur-Sukabumi, Jalur Wisata ke Gunung Padang

Kompas.com - 12/02/2014, 10:13 WIB
CIANJUR, KOMPAS.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Cianjur, Jawa Barat, akan berkoordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi II, terkait mulai beroperasinya KA Siliwangi.

"Disbudpar akan menjadikan jalur KA Cianjur-Sukabumi sebagai jalur tujuan wisata ke Situs Gunung Padang," kata Kepala Disbudpar Cianjur, Tedy Artiawan, Selasa (11/2/2014).

Dia menjelaskan jalur KA Cianjur-Sukabumi telah direncanakan menjadi jalur wisata menuju Gunung Padang. Namun rencana tersebut masih menunggu status situs itu dijadikan obyek wisata.

"Pengelolaan situs Gunung Padang belum jelas karena belum dijadikan obyek tujuan wisata. Selain itu, Arkenas berencana akan melanjutkan penelitian dan memperluas wilayah penelitian. Setelah misteri situs terungkap, maka secepatnya akan dilakukan pembebasan lahan," katanya.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Misteri dan keindahan alam sekitarnya membuat situs megalitikum bagai magnet.
Disbudpar Cianjur baru akan berkoordinasi dengan Daop II Bandung terkait rencana jalur KA Cianjur-Sukabumi, sekaligus sebagai jalur wisata menuju Gunung Padang.

Tedy mengatakan pihaknya pun berencana dari Stasiun Lampegan disediakan kendaraan khusus yang dapat mengangkut wisatawan melanjutkan perjalanan ke Gunung Padang.

"Dengan begitu, akan mempermudah wisatawan menuju situs, sekaligus menambah lapangan pekerjaan bagi warga sekitar. Kami yakin Gunung Padang, akan menjadi tempat wisata favorit karena selain banyak sejarah dan budaya, juga panorama alamnya sangat menjual," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com