Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Tatung Mulai Beraksi di Kota Singkawang

Kompas.com - 13/02/2014, 16:37 WIB
Kontributor Singkawang, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

SINGKAWANG, KOMPAS.com - Ratusan tatung mulai berkeliling Kota Singkawang, Kalimantan Barat, dalam ritual bersih kota, Kamis (13/2/2014). Mereka memadati beberapa vihara dan berkeliling kota Singkawang. Pantauan Kompas.com, salah satu vihara yang wajib dikunjungi para tatung tersebut adalah Vihara Tri Dharma Bumi Raya yang terletak di pusat kota.

Beragam atraksi silih berganti ditampilkan oleh para tatung di vihara tersebut. Aroma dupa menyengat diiringi tetabuhan bunyi gendang mengiringi atraksi para tatung. Mereka kemudian diarak dengan tandu yang dilengkapi dengan bilah pisau dan senjata tajam lainnya.

Aktivitas yang berlangsung sejak pagi ini pun sempat membuat kemacetan di beberapa ruas jalan. Kerumunan warga memadati areal vihara untuk menyaksikan atraksi para tatung.

Ritual tersebut merupakan ritual bersih-bersih kota yang biasa dilakukan sebelum pawai tatung pada keesokan harinya, dalam rangkaian puncak perayaan Cap Go Meh yang akan dilaksanakan Jumat (14/2/2014).

Rute yang akan dilalui tatung dimulai dari pusat berkumpul para tatung di Stadion Kridasana, melewati Jl GS Lalalang, kemudian belok ke Jl P Diponegoro hingga simpang Bank BNI, kemudian belok ke Jl Sejahtera menuju Toapekong, lantas ke arah Jl Budi Utomo, Jl Setia Budi dan finish di Jl Niaga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com