Ratusan Tatung Mulai Beraksi di Kota Singkawang

Kompas.com - 13/02/2014, 16:37 WIB
Salah satu tatung yang sedang kemasukan roh dalam ritual bersih kota di salah satu Vihara di Jalan GM Situt, Singkawang, Kalimantan Barat, Kamis (13/2/2014). KOMPAS.COM/YOHANES KURNIA IRAWANSalah satu tatung yang sedang kemasukan roh dalam ritual bersih kota di salah satu Vihara di Jalan GM Situt, Singkawang, Kalimantan Barat, Kamis (13/2/2014).
|
EditorI Made Asdhiana
SINGKAWANG, KOMPAS.com - Ratusan tatung mulai berkeliling Kota Singkawang, Kalimantan Barat, dalam ritual bersih kota, Kamis (13/2/2014). Mereka memadati beberapa vihara dan berkeliling kota Singkawang. Pantauan Kompas.com, salah satu vihara yang wajib dikunjungi para tatung tersebut adalah Vihara Tri Dharma Bumi Raya yang terletak di pusat kota.

Beragam atraksi silih berganti ditampilkan oleh para tatung di vihara tersebut. Aroma dupa menyengat diiringi tetabuhan bunyi gendang mengiringi atraksi para tatung. Mereka kemudian diarak dengan tandu yang dilengkapi dengan bilah pisau dan senjata tajam lainnya.

Aktivitas yang berlangsung sejak pagi ini pun sempat membuat kemacetan di beberapa ruas jalan. Kerumunan warga memadati areal vihara untuk menyaksikan atraksi para tatung.

Ritual tersebut merupakan ritual bersih-bersih kota yang biasa dilakukan sebelum pawai tatung pada keesokan harinya, dalam rangkaian puncak perayaan Cap Go Meh yang akan dilaksanakan Jumat (14/2/2014).

Rute yang akan dilalui tatung dimulai dari pusat berkumpul para tatung di Stadion Kridasana, melewati Jl GS Lalalang, kemudian belok ke Jl P Diponegoro hingga simpang Bank BNI, kemudian belok ke Jl Sejahtera menuju Toapekong, lantas ke arah Jl Budi Utomo, Jl Setia Budi dan finish di Jl Niaga.

Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X