Kompas.com - 17/02/2014, 17:06 WIB
Abu vulkanik erupsi Gunung Kelud menyelimuti kompleks Candi Prambanan. KOMPAS/ALOYSIUS BUDI KURNIAWANAbu vulkanik erupsi Gunung Kelud menyelimuti kompleks Candi Prambanan.
EditorI Made Asdhiana
SLEMAN, KOMPAS.com - Sebanyak 200 orang juru pelihara candi mulai membersihkan bagian-bagian Candi Prambanan, Senin (17/2/2014). Pembersihan dibagi menjadi dua tim, yakni tim yang membersihkan di pelataran candi dan dan bagian dalam.

Pada bagian luar petugas membersihkan pelataran dengan menyemprotkan air dari tangki. Sementara petugas di bagian dalam, membersihkan relief candi menggunakan alat khusus.

"Pembersihan candi tidak bisa gegabah harus memperhatikan standard operasional khusus," kata Wahyu Astuti, Kasi Perlindungan, Pengembangan dan Pemanfaatan BPCB Yogyakarta.

Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta, memperkirakan pemeliharaan Candi Prambanan dimungkinkan memakan waktu sekitar 2 bulan. Hal tersebut karena kesulitan dalam hal pembersihan relief, memerlukan kehati-hatian serta ketelitian. Selain itu di candi pusat tersebut terdapat 16 candi besar yang memerlukan perawatan.

Dalam masa tersebut pengunjung tidak diperbolehkan memasuki area dalam candi. Wisatawan hanya diperbolehkan melihat dari luar pagar.

Wahyu menambahkan wisata Candi Prambanan belum bisa dibuka untuk umum, setidaknya sampai dua bulan ke depan. "Kita masih lihat situasi. Kalau pembersihannya bisa lebih cepat, maka segera kami buka," ujarnya. (Tribun Jogja/Padhang Pranoto)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.