Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramon Singgah di Pusat Suvenir Jayapura

Kompas.com - 19/02/2014, 10:20 WIB
Nicky Aulia Widadio

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah melihat potret pendidikan di Nabire, perjalanan Ramon Y. Tungka bersama tim 100 Hari Keliling Indonesia (HKI) Kompas TV berlanjut ke Kota Jayapura. Perjalanan menuju ibu kota Papua ini ditempuh menggunakan kapal Nggapulu.

Di Jayapura, terdapat Pasar Hamadi yang terkenal dengan suvenir dan oleh-oleh khas Papua. “Jayapura memang terkenal dengan kerajinan berbahan kayu, tak heran rata-rata suvenir di sini terbuat dari kayu,” cerita Tanti Malasari, anggota tim 100 HKI kepada Kompas.com, Selasa (18/2/2014).

Ramon juga sempat berbincang dengan Martha Othe, salah satu perajin kulit kayu di sini. Dari Martha diketahui bahwa tidak sembarang kulit kayu bisa digunakan untuk melukis. Kulit kayu yang digunakan harus berasal dari pohon Khombouw.

ARSIP KOMPAS TV Pasar Hamadi di Jayapura. Pasar ini terkenal dengan suvenir dan oleh-oleh khas Papua.
“Pohon ini memiliki serat yang lebih banyak dibanding pohon lain, sehingga tidak pecah dan hancur ketika dilukis,” jelas Tanti.

Cerita tim 100 HKI di Pasar Hamadi, Jayapura, akan dikisahkan pada episode 20 program 100 HKI. Program ditayangkan di Kompas TV setiap Rabu pukul 20.00 WIB dan ditayangkan ulang pada Minggu pukul 14.00 WIB. Kisah lain perjalanan tim pernah dimuat di Kompas.com rubrik Travel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com