Kompas.com - 19/02/2014, 15:11 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com – Perjalanan Ramon Y Tungka dan Tim 100 Hari Keliling Indonesia (HKI) Kompas TV di Jayapura berlanjut ke Danau Sentani. Ini merupakan danau terbesar di Papua yang bisa ditempuh dengan 30 menit berkendara dari pusat kota Jayapura.

Di sini, Ramon dan Tim 100 HKI bertemu dengan Om Pilemon. Om Pilemon menghibur mereka dengan mob Papua. Mob Papua merupakan anekdot atau cerita lucu yang diadaptasi dari kejadian sehari-hari orang Papua.

“Kalau sekarang ini lagi zaman stand up comedy, ternyata warga Papua sudah lebih dulu hadir dengan mob Papua,” cerita Tanti Malasari, anggota Tim 100 HKI.

ARSIP KOMPAS TV Tradisi nyirih di Papua.
Selain menyaksikan mob Papua, di sana juga terdapat tradisi nyirih. “Di Papua, nyirih merupakan tradisi bagi sebagian besar orang,” tambah Tanti. Tak mau ketinggalan, Ramon pun mencoba tradisi sirih pinang ini.

Pengalaman Tim 100 HKI menyaksikan mob Papua ini akan dikisahkan pada episode 20 program 100 HKI. Program ditayangkan di Kompas TV setiap Rabu pukul 20.00 WIB dan ditayangkan ulang pada Minggu pukul 14.00 WIB. Kisah lain perjalanan tim pernah dimuat di Kompas.com rubrik Travel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.