Kompas.com - 19/02/2014, 18:17 WIB
EditorI Made Asdhiana
BALIGE, KOMPAS.com - Sekretaris Daerah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Liberty Manurung mengatakan pelaksanaan Festival Danau Toba (FDT) 2014 harus dijadikan sebagai tahun kebangkitan pariwisata, yang bisa berdampak pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

"Sesuai surat Kemenparekraf nomor HM.304/3/8/WPEK/2013 tanggal 7 November 2013, Pemerintah Kabupaten Tobasa ditunjuk sebagai tuan rumah untuk pelaksanaan FDT 2014," kata Liberty di Balige, Selasa (18/2/2014).

Sebagai tuan rumah pelaksanaan FDT 2014, pemerintah daerah setempat perlu melakukan berbagai persiapan dalam menyongsong penyelenggaraan festival yang akan mempromosikan potensi pariwisata Danau Toba hingga ke mancanegara.

Festival Danau Toba, merupakan tahun kedua pelaksanaannya setelah namanya berganti dari sebelumnya Pesta Danau Toba dan selalu diikuti setiap kabupaten yang bersinggungan langsung dengan Danau Toba.

Dalam menghadapi agenda itu, Liberty menginstruksikan seluruh satuan perangkat kerja daerah (SKPD) berikut jajarannya agar memberikan kontribusi maksimal untuk menyukseskan acara dimaksud.

KOMPAS.COM/FITRI PRAWITASARI Karnaval Sigale-gale sebagai salah satu ikon dalam perayaan Festival Danau Toba di Sumatera Utara, Senin (9/9/2013). Festival diselenggarakan pada 8-14 September 2013.
Manajemen pengelolaan festival yang ditangani pemerintah pusat secara nasional diperkirakan mampu mempermudah akses dan penyebarluasan informasinya, hingga gaungnya mampu lebih cepat ke tingkat  internasional.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tobasa harus bekerja ekstra keras dengan meningkatkan koordinasi dengan seluruh SKPD lainnya, agar pesta rakyat menjadi kegiatan tahunan itu dapat lebih sukses penyelenggaraannya.

Sesuai rencana, sejumlah paket acara menarik akan dipertunjukkan, seperti lomba "solu bolon" (sejenis dragon boat), arung jeram, paralayang, atraksi budaya lokal monsak (seni beladiri Batak), dan berbagai atraksi lainnya.

"Dinas Kebudayaan dan Pariwisata harus lebih intens berkomunikasi serta berkoordinasi dengan pemerintah pusat," tambah Liberty.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.