Kompas.com - 23/02/2014, 17:44 WIB
Turis asing penumpang kapal MV Discovery berfoto bersama penari saat kapal berkapasitas 500 orang tersebut bersandar di Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon, Maluku, Minggu (29/1/2012).  KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Turis asing penumpang kapal MV Discovery berfoto bersama penari saat kapal berkapasitas 500 orang tersebut bersandar di Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon, Maluku, Minggu (29/1/2012).
EditorI Made Asdhiana
AMBON, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pariwisata Ambon, Pieter Ohman, mengatakan sebanyak 4.193 wisatawan mancanegara (wisman) mengunjungi Kota Ambon, Maluku, sepanjang tahun 2013. "Jumlah kunjungan wisman tersebut mengalami penurunan dibandingkan tahun 2012 yang mencapai 6.319 orang," katanya di Ambon, Jumat (21/2/2014).

Menurut dia, wisman yang berkunjung berasal dari beberapa negara yakni Belanda, Australia, China, Amerika Serikat, dan Jerman.

Data jumlah wisman yang mengunjungi Ambon diperoleh dari sejumlah hotel dan penginapan, kantor imigrasi, polsek bandara serta Maluku Divers.

"Jumlah wisman juga terlihat dari kunjungan tim lomba layar Darwin-Ambon yang setiap tahunnya melakukan kunjungan ke Ambon," katanya.

Pieter mengatakan, peningkatan kunjungan wisman terjadi setelah Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melakukan promosi pariwisata ke Belanda maupun Australia.

"Promosi pariwisata dilakukan saat kegiatan pasar malam Indonesia di Belanda serta Australia. Kami juga mengimbau para pengusaha untuk mempromosikan Kota Ambon melalui paket tur yang dijual kepada wisatawan," katanya.

Selain promosi pariwisata, lanjut Pieter faktor stabilitas keamanan yang baik mendukung peningkatan jumlah wisman.

"Kondisi keamanan yang semakin membaik merupakan kunci utama pariwisata di Ambon bisa terus bergeliat," ujar Pieter.

Diakuinya, tahun 2013 kota Ambon tidak dikunjungi kapal pesiar mengakibatkan penurunan kunjungan jumlah wisman.

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Patung pahlawan nasional Martha Christina Tiahahu di Karang Panjang, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Maluku, Senin (25/6/2012).
Kapal pesiar hanya menyinggahi Ambon pada Januari - Februari 2012, yakni tiga kapal pesiar ke Ambon yakni Voyages Discovery (Eropa), Spirit of Adventure berbendera Amerika Serikat, dan Amadea (Jerman).

"Sejak konflik sosial di Maluku tahun 1999-2003, jumlah kunjungan kapal pesiar mengalami penurunan dan pada 2012 kapal pesiar kembali menyinggahi Ambon," katanya.

Pieter menambahkan, berkat kerja sama Pemkot dan pelaku usaha wisata, kapal pesiar akan kembali menyinggahi Ambon pada 2014.

"Dipastikan tahun ini akan ada satu kapal lagi yang singgah di Ambon dan akan melakukan kunjungan ke sejumlah obyek wisata di Pulau Ambon," kata Pieter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.