Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rabu, Pembersihan Candi Borobudur Ditargetkan Rampung

Kompas.com - 24/02/2014, 15:32 WIB
MAGELANG, KOMPAS.com - Pembersihan Candi Borobudur ditargetkan rampung Rabu (26/2/2014) mendatang. Balai Konservasi Borobudur (BKB) berencana untuk membuka akses Borobudur secara total bagi wisatawan, Jumat (28/2/2014).

“Kami akan fokus bekerja untuk membersihkan dengan semprotan air tiga hari ke depan. Kami harapkan Rabu sudah selesai, kalau toh mundur, mungkin sampai Kamis,” ujar Kepala BKB, Marsis Sutopo, Minggu (23/2/2014).

Dia mengatakan, evaluasi Candi Borobudur pasca diguyur abu vulkanik Gunung Kelud bisa dilakukan Kamis (27/2/2014) mendatang. "Seusai evaluasi, akses candi bisa dibuka secara total bagi pelancong," kata Marsis.

Pembukaan akses candi secara total direncanakan Jumat (28/2/2014) atau Sabtu (1/3/2014) mendatang. Sementara itu, wisatawan sudah mulai bisa naik ke tingkat tiga atau lorong I sejak kemarin. “Pekan ini kami targetkan sudah bisa dibuka untuk wisatawan,” ujar Marsis.

Pembersihan hingga Minggu sudah mencapai 70 persen. Sementara abu yang terkumpul dari pembersihan yang dilakukan sejak Senin (17/2/2014) lalu sudah mencapai 317 karung ukuran 25 kilogram.

Jumlah tersebut terdiri dari 129 karung abu dari pembersihan struktur. Sementara abu vulkanik di halaman candi mencapai 188 karung. Abu tersebut, hingga kini masih dikumpulkan di kompleks candi. (Tribun Jogja)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com