Kompas.com - 26/02/2014, 17:19 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com – Usai mengunjungi suku terbesar di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT), Ramon Y. Tungka dan Tim 100 Hari Keliling Indonesia (HKI) Kompas TV juga melihat keindahan bawah laut di wilayah tersebut.

Dari Pelabuhan Kadelang, Ramon menuju ke salah satu spot menyelam yang menarik. “Tapi karena arusnya deras, Ramon harus bersabar menunggu satu jam sampai arusnya pelan,” kata Tanti Malasari, salah satu anggota Tim 100 HKI.

ARSIP KOMPAS TV Ramon Y. Tungka menyicipi sopi, minuman khas Flores.

Sambil menunggu, Ramon bertemu dengan Thomas, warga negara Jerman yang sudah belasan tahun tinggal di Indonesia. Tomas mengajak Ramon dan Tim 100 HKI ke Pulau Pura. Di sana lah pusat dari produksi sopi. Sopi merupakan sebuah minuman alami yang sudah menyebar ke seluruh penjuru Flores.

ARSIP KOMPAS TV Keindahan bawah laut di Alor, Nusa Tenggara Timur.

Setelah melihat proses pembuatan sopi, Ramon kembali ke tujuan utama yaitu menyelam. Laut Alor ternyata memiliki suhu yang rendah sehingga jika ingin menyelam di sana, penyelam harus menggunakan baju selam yang lebih tebal.

Pengalaman Ramon dan Tim 100 HKI ke Pulau Pura dan menyelam di Alor akan dikisahkan pada season 2 episode 21 program 100 HKI. Program ditayangkan di Kompas TV setiap Rabu pukul 20.00 WIB dan ditayangkan ulang pada Minggu pukul 14.00 WIB. Kisah lain perjalanan tim pernah dimuat di Kompas.com rubrik Travel.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.