Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramon, Keindahan Bawah Laut Alor, dan Sopi

Kompas.com - 26/02/2014, 17:19 WIB
Nicky Aulia Widadio

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Usai mengunjungi suku terbesar di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT), Ramon Y. Tungka dan Tim 100 Hari Keliling Indonesia (HKI) Kompas TV juga melihat keindahan bawah laut di wilayah tersebut.

Dari Pelabuhan Kadelang, Ramon menuju ke salah satu spot menyelam yang menarik. “Tapi karena arusnya deras, Ramon harus bersabar menunggu satu jam sampai arusnya pelan,” kata Tanti Malasari, salah satu anggota Tim 100 HKI.

ARSIP KOMPAS TV Ramon Y. Tungka menyicipi sopi, minuman khas Flores.

Sambil menunggu, Ramon bertemu dengan Thomas, warga negara Jerman yang sudah belasan tahun tinggal di Indonesia. Tomas mengajak Ramon dan Tim 100 HKI ke Pulau Pura. Di sana lah pusat dari produksi sopi. Sopi merupakan sebuah minuman alami yang sudah menyebar ke seluruh penjuru Flores.

ARSIP KOMPAS TV Keindahan bawah laut di Alor, Nusa Tenggara Timur.

Setelah melihat proses pembuatan sopi, Ramon kembali ke tujuan utama yaitu menyelam. Laut Alor ternyata memiliki suhu yang rendah sehingga jika ingin menyelam di sana, penyelam harus menggunakan baju selam yang lebih tebal.

Pengalaman Ramon dan Tim 100 HKI ke Pulau Pura dan menyelam di Alor akan dikisahkan pada season 2 episode 21 program 100 HKI. Program ditayangkan di Kompas TV setiap Rabu pukul 20.00 WIB dan ditayangkan ulang pada Minggu pukul 14.00 WIB. Kisah lain perjalanan tim pernah dimuat di Kompas.com rubrik Travel.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com