Bersihkan Abu Kelud, Hotel di DIY Keluarkan Puluhan Juta

Kompas.com - 26/02/2014, 18:21 WIB
Hotel Santika Premiere Jogja, Jumat (14/2/2014) dilanda hujan abu. Mulai dari kolam renang, taman, area parkir, sampai atap hotel pun sebagian besar tertutup abu pasca erupsi Gunung Kelud di Kediri, Jatim. ARSIP HOTEL SANTIKA PREMIERE JOGJAHotel Santika Premiere Jogja, Jumat (14/2/2014) dilanda hujan abu. Mulai dari kolam renang, taman, area parkir, sampai atap hotel pun sebagian besar tertutup abu pasca erupsi Gunung Kelud di Kediri, Jatim.
EditorI Made Asdhiana
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Luar biasa! Pembersihan debu vulkanik letusan Gunung Kelud, Jawa Timur untuk hotel berbintang di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mencapai puluhan juta. Hotel pun harus mengerahkan semua karyawan untuk membersihkan seluruh bagian gedung.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY, Istidjab M Danunagoro mengungkapkan pembersihan gedung bertingkat dari abu vulkanik tidak murah karena meliputi gedung secara keseluruhan. “Misalkan saja hotel bintang empat dengan 200 kamar, paling tidak membutuhkan waktu tiga minggu dan biaya Rp 25 juta,” ujarnya di Yogyakarta, Selasa (25/2/2014).

Istidjab menjelaskan dalam setahun, hotel berbintang paling tidak dua kali melakukan pembersihan gedung secara keseluruhan. Akibat terkena debu vulkanik, seluruh hotel di Yogyakarta melakukannya secara serentak.

Berbeda dengan pembersihan gedung yang dilakukan hotel secara reguler, pembersihan akibat debu vulkanik membutuhkan waktu dan biaya ekstra karena ketebalan maupun karakter debu berbeda dari biasanya.

“Kalau biaya pembersihan secara reguler, estimasi untuk hotel bintang empat biaya sekitar Rp15 juta dan memakan waktu sekitar dua minggu,” ujarnya.

Terkait terjangan abu vulkanik, PHRI DIY melaporkan hingga kini masih ada sejumlah hotel yang melakukan pembersihan terutama bagian yang tersulit adalah kolam renang, karena tidak cukup dikuras sekali saja.

Dari pantauan PHRI, Istidjab mengungkapkan Hotel Shapire mulai membuka kolam renang Senin (24/2/2014), Hotel Jayakarta Selasa (25/2/2014) sementara Hotel Grand Quality Rabu (26/2/2014). “Semoga pekan ini semua kolam renang hotel sudah dibuka,” kata Istidjab. (Tribun Jogja/Victor Mahrizal)



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X