Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gembira Loka Bebas Abu Vulkanik

Kompas.com - 27/02/2014, 08:22 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Obyek wisata Gembira Loka Zoo Yogyakarta kini sudah terbebas dari abu vulkanik Gunung Kelud, sehingga kunjungan wisatawan ke kebun binatang itu kembali pulih. "Kawasan Gembira Loka sudah bebas dari abu vulkanik. Tingkat kunjungan sudah mulai normal kembali," kata Manager Marketing dan Pengembangan GLZoo Yogyakarta, Josep Kurniawan, di Yogyakarta, Rabu (26/2/2014).

Untuk mempercepat pembersihan akibat dari guyuran hujan abu vulkanik sebagai dampak erupsi Gunung Kelud, Kamis (13/2/2014) lalu, pihak GLZoo harus mendatangkan petugas pemadam kebakaran hutan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kota Yogyakarta.

Mereka menyemproti pepohonan yang penuh abu vulkanik di kawasan kompleks GLZoo, dengan peralatan mobil pemadam kebakaran. Sebelumnya, pascahujan abu vulkanik, ratusan karyawan GLZoo dikerahkan untuk bersih-bersih lokasi akses jalan pengunjung.

Hujan lebat yang turun beberapa hari terakhir menjadikan kebun binatang di Yogyakarta ini bebas dari abu vulkanik.

Josep menjelaskan, bersihnya kembali GLZoo dari abu vulkanik membuat pengunjung mulai membanjiri obyek wisata setempat yaitu jumlah pengunjung pada Sabtu (22/2/2014) tercatat lebih dari 1.000 orang. Sedangkan pada Minggu (23/2/2014) mencapai lebih dari 7.000 pengunjung.

"Sementara jumlah pengunjung pada Senin (24/2/2014) tercatat 700 orang lebih. Kemudian Selasa (25/2/2014) jumlah pengunjung mencapai 1.100 orang," katanya.

Josep menambahkan, sejak diluncurkannya program pembelajaran luar sekolah (PLS) di GLZoo pada pekan lalu, kini sudah banyak rombongan sekolah yang mulai mendaftar untuk mengunjungi GLZoo. "Saat ini ada sebanyak empat sekolah yang mendaftarkan diri mengikuti program ini, termasuk SMP-N 1 Bantul, yang akan menyertakan 300 siswanya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com