Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Pun Bisa Jadi "Travel Agent"

Kompas.com - 02/03/2014, 16:04 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Siapapun bisa menjadi biro perjalanan wisata atau travel agent. Beberapa travel agent kini menawarkan keanggotaan kepada masyarakat umum. Salah satunya Voltras Travel.

Voltras Travel memiliki sistem provider bernama Voltras Agent Network (VAN). Dengan sistem ini, siapapun bisa berjualan tiket pesawat, hotel, dan kereta api. Menurut Chief Executive Officer Voltras Travel Ahmad Ulya, sudah beberapa tahun belakangan muncul perusahaan-perusahaan serupa dengan sistem menjadikan masyarakat umum sebagai sub agent.

"Awalnya travel agent membeli tiket pesawat di Voltras Travel. Sejak 2012, sudah sekitar satu setengah tahun, semua orang bisa jadi sub agen. Member di VAN ada sekitar 5.000, mulai dari ibu rumah tangga sampai sekretaris," tuturnya saat ditemui di sela-sela pameran Indonesia Travel and Holiday Fair (ITHF) 2014 di Jakarta Convention Centre, Jakarta, Sabtu (1/3/2014).

Ia mengaku masyarakat umum sebagai sub agent seperti ini baru menjadi tren setahun belakangan. Selain karena alasan untuk berbisnis, banyak pula masyarakat umum yang tertarik dengan sistem bisnis penjualan tiket pesawat untuk memudahkan dalam pencarian tiket pesawat serta harga yang lebih murah.

"Saya punya member yang jadi sub agent karena sering beli tiket pesawat. Jadi dia beli untuk dirinya sendiri," jelas Ulya

Sub agent yang melakukan transaksi mendapatkan komisi tertentu dari transaksi tersebut. mengaku sebelum menerapkan sistem tersebut, ia hanya menjual ratusan tiket pesawat. Kini, dalam sebulan pihaknya mampu menjual hingga 60 ribu tiket pesawat.

Di VAN sendiri, sub agent diberikan kemudahan dengan bisa melakukan transaksi selama 24 jam, tanpa deposit, serta tanpa biaya transaksi. Ulya menjelaskan ke depan sub agent juga dapat menjual paket tur, umroh, dan tiket obyek wisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com