Kompas.com - 03/03/2014, 10:40 WIB
Sego Ireng, nasi hitam yang dibuat dari campuran kluwek dan rempah. KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMANSego Ireng, nasi hitam yang dibuat dari campuran kluwek dan rempah.
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com“Eh ujan gerimis aje, ikan teri diasinin...” lantun Ida Royani. Dibalas lagi oleh Benyamin Sueb, “Eh jangan menangis aje. Yang pegi jangan dipikirin...” Ah, pas sekali. Ketika hujan lebat, lagu ini mengumandang saat Kompas.com sarapan di Kafe Kopi Oey, Jalan Sabang, Jakarta. Di dalam suasana kafe ala Cina Peranakan, dindingnya banyak digantung gambar poster era ‘jadul’ atau zaman dulu yang banyak bernuansa Pecinan dan Belanda. Tak lama menu sarapan spesial disajikan yaitu Sego Ireng.

Dalam bahasa Jawa, Sego artinya nasi dan ireng artinya hitam. Jadi Sego Ireng bisa ditebak merupakan nasi berwarna hitam. Sego Ireng adalah nasi yang dimasak dengan bumbu Kluwek yang memang warnanya hitam. Kluwek sendiri biasa dimasak sebagai bumbu utama Rawon. Bumbu Kluwek diaron atau dimasak bersama beras. Makanya warna nasinya menjadi hitam.

Sebelum dimasak bersama beras, bumbu kluwek disangrai terlebih dahulu dengan berbagai macam rempah seperti daun jeruk dan daun salam. Tak heran, selain beraroma kluwek, saat disajikan hangat Sego Ireng juga tercium aroma rempah daun terutama daun salam.

Bagaimana tidak, makanan khas Jawa ini langsung menggelitik perut yang masih keroncongan di pagi hari. Disuapan pertama, tekstur nasinya terasa pulen dengan rasa rempah dan kluwek-nya tidak terasa tajam. Rasa kluweknya menguat setelah sampai di lidah. Jadi kluwek dan rempahnya lebih kuat sebagai aroma.

Lahapan kedua, suapan Sego Ireng ditambah bawang merah segar dan cabe rawit iris. Saat dikeletuk langsung bikin segar. Seperti mendapat setruman listrik sampai ke ujung kepala. Ditambah lagi serundeng parutan kelapa yang makin menambah rasa ke-“Indonesia”-an. Sego Ireng disajikan dalam piring bersama ayam goreng khas Kalasan dan dadar telor suwir. Porsinya sangat cukup untuk memenuhi perut di pagi hari.

Sego Ireng ini adalah salah satu menu andalan sarapan di Kopi Oey. Pemiliknya adalah pakar kuliner terkenal, Bondan Winarno. Disajikan spesial di pagi hari mulai jam 7 sampai jam 11 siang. Kalau kesiangan, bisa saja asal tidak kehabisan.

Bila tidak mau nasi, sarapan di Kopi Oey juga tersedia berbagai macam roti seperti French Toast atau roti ala Perancis, roti Talua, dan juga roti Telur Blanda (bukan Belanda).

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Kopi Vietnam, kopi jenis robusta asal Bandung yang diseduh ala Vietnam.

Kafe ini juga cocok untuk sambil santai dan nongkrong internetan dengan jaringan wifi yang tersedia. Adalah kopi Vietnam, kopi yang disajikan dengan cara Vietnam yaitu kopinya disaring langsung diatas gelas dengan “dreef filter”. Setetes demi setetes kopi memenuhi gelas ukuran sedang yang sudah diberi susu kental manis. Walau disajikan ala Vietnam tapi kopinya sendiri kopi asli Indonesia yaitu kopi robusta dari Bandung, Jawa Barat. Rasa kopinya pahit bukan asam. Aromanya juga harum biji kopi pahit.

Setelah diaduk dengan susu, Kopi Vietnam ini rasa kopi pahitnya tetap lebih menguasai dibanding manis susunya. Bagi pecinta kopi, minuman ini tak perlu gula karena rasa manisnya cukup dari susu. Bila tak ingin panas, Kopi Vietnam juga bisa disajikan dingin dengan es batu terpisah. Jadi dinginnya tidak menggangu kekhasan rasa kopinya sampai seduhan terakhir.

Bila bukan penyuka kopi, Teh Tarik Semenanjung adalah minuman yang banyak direkomendasikan. Teh Tarik Semenanjung terbuat dari campuran teh hitam, sedikit susu kental manis, dan susu yang diuapkan atau biasa dikenal sebagai “evaporated milk” merk lawas F&N. Susu uap ini yang membuat teh tarik-nya berbeda dengan teh tarik lainnya. Saat diteguk, rasa teh hitamnya menjadi legit karena manisnya bukan dari gula tapi dari susu uap. Dibuat dengan cara ditarik hingga menimbulkan buih yang membuat penampilannya menjadi menarik. Es Tarik Semenanjung bisa disajikan dingin atau panas, sesuai selera.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.