Kompas.com - 03/03/2014, 11:15 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
BIREUEN, KOMPAS.com — Puluhan trail yang dimotori Bireuen Trail Organization Adventure (BIROAD) menjelalajahi air terjun Ceuraceue, di pegunungan Pandrah, Kecamatan Pandrah, Kabupaten Bireuen, Aceh, Minggu (2/3/2014), guna menyaksikan dari dekat panorama alam yang belum dikenal masyarkat luas itu. Selama ini, lokasi wisata maupun situs sejarah di Bireuen bisa dihitung jari. Satu persatu sudah diinventarisir oleh pemkab setempat dan disosialisasikan kepada masyarakat.

Kabag Humas Setdakab Bireuen, Farhan Husin, mengatakan di Kabupaten Bireuen terdapat tiga lokasi air terjun yang akan dipersiapkan sebagai lokasi wisata, yakni Air Terjun Ceuraceue Pandrah, Air Terjun Peudada dan Air Terjun Pergunungan Kecamatan Juli. “Memang ketiga lokasi ini masih sulit dijangkau dengan kendaraan roda empat. Untuk itu pelan-pelan kita benahi agar bisa menjadi tujuan wisata,” jelas Farhan.

Menurut Farhan, lokasi Air Terjun Ceuraceueu yang berjarak tujuh kilometer sebelah selatan ibu kota Kecamatan Pandrah, atau sekitar 50 kilometer dari Kota Bireuen itu, memang belum dapat dilalui sepenuhnya kendaraan roda empat. Untuk sementara pengunjung disarankan menggunakan sepeda motor atau jalan kaki menjangkau lokasi air terjun.

“Termasuk anggota trail Bireuen yang siang tadi bergerak ke sana karena ingin menyaksikan dari dekat lokasi dimaksud,” kata Farhan seraya menyebutkan pemkab sedang mendata seluruh lokasi tempat bersejarah dan lokasi wisata di Kabupaten Bireuen dalam rangka Visit Year 2018 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.