Kompas.com - 04/03/2014, 17:41 WIB
EditorI Made Asdhiana
KETIKA Anda berada di Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara maka bersiap berdegup jantung dan telinga saat berada di jalanan. Itu karena akan ada banyak becak motor lalu-lalang di jalanan dengan suara musik begitu keras.

Becak motor atau sering disingkat bentor di Jailolo memainkan lagu bervolume super keras demi menarik perhatian penumpang. Lagunya beragam, dari lagu tradisional berbahasa daerah hingga lagu-lagu pop nasional dan barat yang sedang populer. Selain itu, transportasi umum roda tiga ini juga dihias menarik lampu warna-warni yang akan dinyalakan saat malam hari.

ARSIP INDONESIA.TRAVEL Becak motor atau bentor di Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara, dilengkapi dengan alat pemutar musik.
Bentor dilengkapi dengan alat pemutar musik berupa MP3 atau bekas pemutar musik dari mobil yang ditenagai aki (accu). Pemutar musik ini tidak menggunakan kaset melainkan flashdisc atau mmc sehingga lagu yang tersimpan dan dimainkan dijamin tidak akan membosankan pengemudi apalagi penumpangnya.

Bentor di Jailolo merupakan kendaraan bermotor yang dimodifikasi dengan sebuah rumahan layaknya beca dengan atap. Kendaraan ini begitu nyaman memanjakan penumpang dengan kursi empuk dan pijakan kaki yang tidak akan membuat pegal. Bahkan anak kecil usia 5 tahun tidak akan kesulitan menaikinya karena rendahnya pijakan depan tersebut.

ARSIP INDONESIA.TRAVEL Becak motor atau bentor di Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara.
Bentor di Jailolo bermula tahun 2010 yang kemudian dalam waktu tidak lama sudah menjadi kendaraan umum favorit masyarakat sekitar dan juga wisatawan yang ingin berkeliling. Biasanya harga rata-rata ongkos untuk satu arah tujuan adalah Rp 5.000 hingga Rp 20.000 bergantung jauh dekatnya.

Akan tetapi, Anda juga bisa menyewanya seharian bila harga disepakati dengan sopirnya. Bentor dapat ditemui dengan mudah di jalanan Kota Jailolo atau ketika Anda tiba di pelabuhannya maka sederetan bentor sudah siap mengantar Anda di sana.

Warga yang ingin menjadi pengemudi bentor biasanya sudah memiliki motor sendiri kemudian datang ke bengkel bentor untuk membeli rumahan dan dilekatkan pada motornya. Harga rumahan bentor ini bisa mencapai delapan juta atau bergantung seberapa banyak hiasan dan modifikasi yang diinginkan.

ARSIP INDONESIA.TRAVEL Becak motor atau bentor di Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.