Kompas.com - 05/03/2014, 10:38 WIB
EditorI Made Asdhiana
TANA TORAJA, KOMPAS — Pemerintah Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, mendapatkan dana bantuan dari Pemerintah Swiss senilai Rp 13 miliar. Dana ini dialokasikan untuk kebutuhan promosi obyek-obyek wisata di Tana Toraja selama lima tahun mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tana Toraja Jidon Sitohang, saat ditemui di Kantor Pemerintah Kabupaten Tana Toraja, akhir pekan lalu, mengatakan, Pemerintah Swiss akan mendukung penuh segala kegiatan promosi, termasuk membantu untuk mencetak berbagai jenis brosur dan leaflet.

Jidon mengatakan, dalam kegiatan promosi pariwisata ini, pihaknya sangat membutuhkan dukungan dari sejumlah pihak, baik dalam maupun luar negeri. ”Kabupaten Tana Toraja memiliki 178 obyek wisata. Saat ini yang dipromosikan baru sebatas 30 obyek wisata,” ujar dia.

Jumlah wisatawan yang datang ke Kabupaten Tana Toraja juga masih minim. Berdasarkan data Dinas Pariwisata Kabupaten Tana Toraja, pada tahun 2009 jumlah wisatawan terdata 11.056 orang, pada 2010 sebanyak 18.265 orang, pada 2011 sebanyak 23.656 orang, pada tahun 2012 sebanyak 34.368 orang, dan pada tahun 2013 sebanyak 61.643 orang.

Dengan jumlah wisatawan yang masih sedikit, pendapatan dari sektor pariwisata juga kecil. ”Pendapatan dari sektor pariwisata yang berkontribusi pada pendapatan asli daerah hanya sekitar Rp 250 juta per tahun,” ujar dia.

Berdasarkan pengamatan di lapangan, promosi pariwisata di Tana Toraja sangat kurang. Di Kabupaten Maros, misalnya, daerah terdekat yang menjadi lokasi bandara, sama sekali tidak terdapat spanduk, baliho, atau banner yang berisi tentang promosi pariwisata Tana Toraja. Pemandangan serupa juga terlihat di Kota Makasar, yang menjadi ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan. (egi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.