Kompas.com - 06/03/2014, 11:05 WIB
EditorI Made Asdhiana
PANGKALAN BARU, KOMPAS.com - Ketua Umum Badan Pimpinan Pusat Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (BPP PHRI) Wiryanti Sukamdani mengatakan sektor pariwisata berpotensi meningkatkan perekonomi nasional termasuk di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

"Potensi Babel untuk pengembangan pariwisata cukup tinggi dengan segala manfaat seperti lapangan pekerjaan, pajak, pendapatan daerah, serta tumbuhnya sentra-sentra produk daerah dari hasil bumi yang dapat meningkatkan kemakmuran secara luar biasa," kata Yanti di Pangkalan Baru, Rabu (5/3/2014).

Menurut dia, perairan Babel yang langsung berhadapan dengan Singapura dan Malaysia juga sangat potensial karena sangat stategis.

"Babel memiliki potensi yang menarik dari sektor pariwisata, kuliner maupun budayanya yang memikat, sementara pantai yang masih alami menjadi potensi yang bagus dikembangkan untuk meningkatkan ekonomi," ujarnya.

Yani menekankan sektor pariwisata menjadi sektor yang tidak akan pernah habis digali untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah.

"Masyarakat Babel tidak dapat tergantung dengan sumber daya alam (SDA) seperti timah dan sebagainya karena akan habis, karena itu sektor pariwisata bisa menjadi andalan di masa datang," katanya.

Pertumbuhan hotel juga menjadi pendukung perkembangan suatu daerah termasuk di Babel. "Pariwisata memiliki aspek yang positif untuk pertumbuhan ekonomi nasional," ujarnya.

Tahun depan masyarakat ekonomi Indonesia akan menyatu dengan dibukanya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), di mana setiap negara di kawasan bebas berinvestasi dan berdagang melewati batas-batas negara.

"Dengan demikian Indonesia harus bersiap-siap mengantisipasi perubahan dan pertumbuhan wisata, tidak terkecuali Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.