Kompas.com - 07/03/2014, 15:10 WIB
Nusa Penida di Kabupaten Klungkung, Bali. WWW.NUSAPENIDA.COMNusa Penida di Kabupaten Klungkung, Bali.
EditorI Made Asdhiana
NUSA PENIDA, KOMPAS.com - Kegiatan pariwisata ini akan berlangsung pada 2-6 Juni 2014 dan dipusatkan di Desa Batununggul, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

Dinas Budaya dan Pariwisata Klungkung selaku panitia festival tengah mengundang pihak swasta dari industri pariwisata untuk ikut ambil bagian dalam festival tersebut. Beberapa diantaranya termasuk pelaku kepariwisataan dalam bidang bahari, kuliner dan juga wisata spiritual.

Berbagai kegiatan unik dalam festival ini nantinya diarahkan untuk memberikan kesan istimewa bagi para pengunjung, baik tamu domestik maupun mancangera.

Festival selama lima hari tersebut akan diisi beragam kegiatan seperti festival budaya, pengenalan obyek wisata, dan pameran kuliner khas Nusa Penida, dan pementasan tarian sakral yang ada di Klungkung dan Bali. Festival Nusa Penida juga akan dimeriahkan lomba jukung tradisional.

Nusa Penida merupakan sebuah pulau di tenggara Pulau Bali yang memiliki banyak tempat indah belum terjamah namun tidak kalah dari yang ada di Bali daratan. Nusa Penida telah dianggap sebagai telur emasnya Pulau Bali.

Meski demikian, potensi yang dimilikinya masih banyak yang belum tergarap. Beberapa hal menarik yang unik dan khas dari pulau ini adalah kain tenun cepuk dan rangrang sebagai ikon Nusa Penida, rumput laut, serta tentunya keindahan bawah laut yang masih alami. Diharapkan digelarnya Festival Nusa Penida dapat lebih mendongkrak sektor pariwisata di kawasan tersebut.

KOMPAS/ICHWAN SUSANTO Salah satu daya tarik wisata bawah laut di Bali adalah Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Titik selam favorit penyelam dari dalam ataupun luar negeri adalah Crystal Bay. Di lokasi ini, pada musim tertentu muncul ikan raksasa mola-mola (oceanic sunfish) yang biasa hidup di laut dalam.
Saat ini, pariwisata di kawasan ini masih didominasi di Nusa Lembongan, sedangkan di Pulau Nusa Penida belum banyak berkembang hanya terlihat aktivitas snorkeling dan diving saja. Padahal, di daratannya banyak yang menarik untuk diselami termasuk di antaranya adalah Pantai Penida, Pantai Atuh, Pura Batumedawu, Pura Goa Giri Putri, Pura Dalem Ped, Puncak Mundi, dan beberapa sumber mata air di selatan Nusa Penida yang menawarkan pemandangan tebing sisi laut setinggi 200 meter.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk mencapai Pulau Nusa Penida, pengunjung  dapat menjangkaunya dari Pantai Sanur, Kusamba dan Padang Bai. Pengunjung bisa memanfaatkan jasa transportasi dari Quicksilver Cruise dengan harga terjangkau.

Ada pula speedboat Nusa Penida yang dapat dicapai sekira 45 menit dari Pelabuhan Benoa atau transportasi reguler setiap hari dengan perahu kayu dari Sanur menuju Desa Jungut Batu dan Nusa Lembongan.

Keunikan Nusa Penida

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X