Kompas.com - 10/03/2014, 09:49 WIB
EditorI Made Asdhiana
HARI Senin (3/3/2014), jarum jam sudah menunjukkan pukul 20.00. Untuk makan malam terbilang sudah agak terlambat. Akan tetapi, sejumlah pembeli masih terlihat mengerubungi Kedai Masakan Padang Nasi Kapau Asli ”Bareh Solok” di salah satu sisi Jalan Kramat Raya, Kelurahan Kramat, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat.

Pengelola kedai tersebut, Emmi (53), sibuk memberikan arahan kepada lima pekerja sembari sesekali menerima uang pembayaran hasil pembelian nasi dan lauk.

Kapau adalah nama salah satu nagari di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Sementara Emmi berasal dari Nagari Muaro Paneh, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat.

Penanda utama asal Emmi dan kedai nasi di pinggir jalan itu adalah nama ”Bareh Solok” atau beras yang berasal dari Kabupaten Solok.

Beras itu juga yang membuat sebagian pelanggan, seperti Asrial (54), selalu datang dan datang lagi. ”Saya langganan sejak tahun 1981,” kata Asrial. Malam itu, Asrial datang bersama kawannya, Hendrik (40).

Bagi Asrial yang berasal dari Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, seleranya pada masakan Minang dan bareh Solok tidak bisa putus begitu saja. Padahal, dia sudah sangat lama tinggal di ibu kota Jakarta.

”Bahkan di rumah, sekalipun istri saya bukan berasal dari Minang, lauk-lauk yang disajikan adalah masakan Minang,” kata Asrial.

Sementara saat beraktivitas di luar rumah, kedai-kedai yang menawarkan masakan Minang, seperti yang dikelola Emmi, menjadi tujuan Asrial.

Aneka menu, seperti itiak lado ijo, kapalo kakap, sop iga, rendang, dan sebagainya yang seperti dikunci dengan bareh Solok, telah mengikat banyak orang untuk menikmati.

KOMPAS/INGKI RINALDI Salah satu kedai penjual masakan Minang di Jalan Kramat Raya, Jakarta.
Bagi penikmatnya, bareh Solok mempunyai kekhasan yang tak tergantikan setelah diolah menjadi nasi. Strukturnya yang tidak melekat dan agak memburai serta cenderung pera, tetapi pada saat bersamaan juga lembut dan wangi, telah membuat penikmatnya sulit berganti selera.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.