Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oleh-oleh Sandal Kayu nan Cantik

Kompas.com - 13/03/2014, 10:25 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com - Kletek, kletek, kletek... Bunyi kayu beradu dengan lantai. Seperti bakiak, produk sandal satu ini juga terbuat dari kayu.

Kelom geulis, sandal kayu berasal dari Tasikmalaya, Jawa Barat, memang hadir sesuai namanya "geulis" yang berarti "cantik". Sandal dengan ujung tertutup maupun terbuka.

Lalu sulaman benang dan mote yang cantik di sabut kulit yang melengkapi sandal. Seringkali kayu sebagai alas itu sendiri diberi ukiran sehingga makin mempercantik kelom geulis.

KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F. Aneka kelom geulis.

Kini, kelom geulis juga tersedia untuk laki-laki. Sementara untuk perempuan, kelom geulis sudah tersedia dalam beragam model. Ada yang dengan hak tinggi namun tak runcing ataupun sepatu wedges.

Sentra pembuatan kelom geulis berada di Tasikmalaya. Harganya pun relatif terjangkau yaitu mulai dari Rp 50.000. Sebaiknya pilih kelom geulis dengan ukuran pas. Jangan kebesaran maupun kekecilan, karena akan membuat kaki tak nyaman, terutama saat dibawa jalan.

Di Tasikmalaya, Anda bisa membelinya di seputar kawasan. Salah satunya di Toko Shelly yang berada di Jalan Tamansari Gobras Nomor 42 A. Jika beruntung, Anda bisa melihat langsung pembuatan kelom geulis.

Selain di Tasikmalaya, di Bandung juga ada toko yang menjual kelom geulis sudah sejak lama. Toko tersebut bernama Kelom Geulis Keng dan berada di Jalan Cihampelas Nomor 205. Toko ini sudah ada sejak tahun 1942. Di toko ini, harga kelom geulis agak mahal, berkisar ratusan ribu rupiah.

Nah, mau tampil cantik dengan kelom geulis? Jangan lupa berbelanja kelom geulis untuk dipakai maupun oleh-oleh saat bertandang ke Tasikmalaya atau Bandung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com