Kompas.com - 13/03/2014, 10:25 WIB
Aneka kelom geulis dijual di Toko Sherly, Tasikmalaya. KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F.Aneka kelom geulis dijual di Toko Sherly, Tasikmalaya.
|
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Kletek, kletek, kletek... Bunyi kayu beradu dengan lantai. Seperti bakiak, produk sandal satu ini juga terbuat dari kayu.

Kelom geulis, sandal kayu berasal dari Tasikmalaya, Jawa Barat, memang hadir sesuai namanya "geulis" yang berarti "cantik". Sandal dengan ujung tertutup maupun terbuka.

Lalu sulaman benang dan mote yang cantik di sabut kulit yang melengkapi sandal. Seringkali kayu sebagai alas itu sendiri diberi ukiran sehingga makin mempercantik kelom geulis.

KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F. Aneka kelom geulis.

Kini, kelom geulis juga tersedia untuk laki-laki. Sementara untuk perempuan, kelom geulis sudah tersedia dalam beragam model. Ada yang dengan hak tinggi namun tak runcing ataupun sepatu wedges.

Sentra pembuatan kelom geulis berada di Tasikmalaya. Harganya pun relatif terjangkau yaitu mulai dari Rp 50.000. Sebaiknya pilih kelom geulis dengan ukuran pas. Jangan kebesaran maupun kekecilan, karena akan membuat kaki tak nyaman, terutama saat dibawa jalan.

Di Tasikmalaya, Anda bisa membelinya di seputar kawasan. Salah satunya di Toko Shelly yang berada di Jalan Tamansari Gobras Nomor 42 A. Jika beruntung, Anda bisa melihat langsung pembuatan kelom geulis.

Selain di Tasikmalaya, di Bandung juga ada toko yang menjual kelom geulis sudah sejak lama. Toko tersebut bernama Kelom Geulis Keng dan berada di Jalan Cihampelas Nomor 205. Toko ini sudah ada sejak tahun 1942. Di toko ini, harga kelom geulis agak mahal, berkisar ratusan ribu rupiah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nah, mau tampil cantik dengan kelom geulis? Jangan lupa berbelanja kelom geulis untuk dipakai maupun oleh-oleh saat bertandang ke Tasikmalaya atau Bandung.



25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X