Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemudahan Akses Menuju Obyek Wisata Itu Penting

Kompas.com - 13/03/2014, 13:54 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu menekankan pentingnya kemudahan akses dan konektivitas untuk menarik dan memudahkan wisatawan dalam mengunjungi berbagai potensi wisata di Indonesia.

Di depan para pimpinan daerah dalam pertemuan Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Surabaya, Rabu (12/3/2014), Menparekraf mengatakan perlunya semua pihak mendorong kemudahan akses menuju destinasi wisata untuk menggaet lebih banyak wisatawan.

"Raja Ampat itu sangat indah," kata Mari.

Namun, wisatawan bisa merogoh kocek dari enam hingga delapan juta rupiah untuk dapat menikmati wisata ke taman laut nasional di Papua Barat tersebut.

"Jika terlalu mahal, masyarakat akan lebih memilih melancong ke luar negeri dengan harga yang jauh lebih murah," kata Mari.

KOMPAS/YUNIADHI AGUNG Wisatawan asing tiba di Bandara Frans Seda, Maumere, Nusa Tenggara Timur, Jumat (17/5/2013). Wisata alam, rohani dan sejarah menjadi andalan sejumlah daerah di Nusa Tenggara Timur.
Konektivitas dan penerbangan langsung menjadi salah satu hal yang krusial untuk menarik minat wisatawan domestik maupun internasional ke Indonesia.

Menparekraf mencontohkan dibukanya rute penerbangan Lombok-Perth, Australia telah meningkatkan kunjungan wisatawan ke Lombok hingga 300 persen.

Menurut Mari, perbaikan bandara, pembukaan rute baru, terutama ke wilayah Indonesia bagian timur dan pembangunan pelabuhan untuk wisata akan sangat berkontribusi dalam mengembangkan sektor pariwisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com