Kompas.com - 14/03/2014, 16:30 WIB
Proses operasi untuk mengambil mutiara. Dok. "100 Hari Keliling Indonesia" - Kompas TVProses operasi untuk mengambil mutiara.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
JAKARTA, KOMPAS.com – Perjalanan Ramon Y. Tungka dan Tim 100 Hari Keliling Indonesia (HKI) Kompas TV di Alor masih berlanjut. Kali ini Ramon melihat keindahan mutiara yang dihasilkan dari kerang.

Ramon bertemu dengan Daniel, Penanggung Jawab Produksi PT. Cendan Indo Perth. “Perbincangan dengan Daniel memberi banyak pengetahuan baru,” ujar Tanti Malasari, salah satu anggota Tim 100 HKI.

Dok. "100 Hari Keliling Indonesia" - KompasTV Ramon berbincang dengan Daniel mengenai mutiara Indonesia

Berada di wilayah tropis dengan kondisi laut yang sehat membuat mutiara Indonesia menjadi mutiara nomor satu di dunia. Mutiara Indonesia telah dikenal di seluruh dunia karena kualitasnya. Oleh karena itu, para perancang dan pecinta perhiasan menyebut mutiara Indonesia sebagai The Queen of Pearl.

“Cahaya, ukuran, dan bentuk yang bagus menjadi tolak ukur atas kualitas kerang yang baik dan memiliki harga jual yang tinggi,” cerita Tanti.

Dok. "100 Hari Keliling Indonesia" - KompasTV Mutiara Indonesia, karena kualitasnya disebut juga The Queen of Pearl
Pengambilan mutiara harus dilakukan melalui proses operasi yang sangat hati-hati. Operasi dilakukan dengan membuka lalu memotong kantung mutiara yang ada di dalam gonad, lalu dimasukkan ke nukleus. Setelahnya, Betadine digunakan untuk menghindari resiko infeksi pada kerang.

Pengalaman Ramon dan Tim 100 HKI melihat keindahan mutiara Indonesia akan dikisahkan pada episode 22 program 100 HKI. Program ditayangkan di Kompas TV setiap Rabu pukul 20.00 WIB dan ditayangkan ulang pada Minggu pukul 14.00 WIB. Kisah lain perjalanan tim pernah dimuat di Kompas.com rubrik Travel.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.