Festival Maritim Internasional Pertama di Indonesia Segera Digelar

Kompas.com - 15/03/2014, 09:31 WIB
ILUSTRASI -  Nelayan mencari tangkapan di perairan yang berbatasan dengan teritorial Singapura di perairan Pulau Batu Berantai, Batam, Kamis (21/2/2013). Pemerintah Batam mereklamasi beberapa pulau terluar Indonesia yang terancam abrasi. TRIBUN/TAUFAN WIJAYA ILUSTRASI - Nelayan mencari tangkapan di perairan yang berbatasan dengan teritorial Singapura di perairan Pulau Batu Berantai, Batam, Kamis (21/2/2013). Pemerintah Batam mereklamasi beberapa pulau terluar Indonesia yang terancam abrasi.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
JAKARTA, KOMPAS.com – Indonesia International Maritime Festival (IIMF) 2014 akan diselenggarakan di Batam, Natuna, dan Anambas, Kepulauan Riau pada 28 Maret hingga 3 April 2014 mendatang.

IIMF 2014 merupakan acara tahunan yang bertujuan untuk mengembangkan serta mempromosikan potensi maritim di Kepulauan Riau. Serta memajukan dan mensejahterakan masyarakat khususnya di Batam, Natuna, dan Anambas dalam hal perhubungan, olahraga, pariwisata dan budaya.

“Acara ini bisa menunjukkan betapa Indonesia itu kaya akan kreasi dan rekreasi. Kreasi itu potensi ekonomi kreatif kita yang berbasis kearifan lokal,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Ukus Kuswara, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Jumat (14/3/2014)

Kegiatan yang akan diselenggarakan pada IIMF 2014 antara lain, "Maritime Conference and Expo" yang merupakan pameran maritim untuk memetakan kekuatan maritim nasional. Acara lainnya adaah "Sport, Leisure, and Entertainment" yang terdiri atas kompetisi olahraga serta pertunjukan seni dan budaya.

Pulau Batam, Natuna, dan Anambas dipilih karena memiliki infrastruktur yang paling siap. Selain itu, ketiganya berlokasi di wilayah terluar Indonesia. Batam juga merupakan pintu masuk menuju Indonesia ketiga terbanyak yang digunakan oleh wisatawan asing.

“Kunjungan melalui Batam pada Januari tahun ini meningkat 39 persen dibanding Januari tahun lalu. Batam juga berlokasi strategis. Semakin banyak aktivitas, maka akan semakin banyak pula kunjungan dari negara-negara sekitar,” ujar Ukus.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X