Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Maritim Internasional Pertama di Indonesia Segera Digelar

Kompas.com - 15/03/2014, 09:31 WIB
Nicky Aulia Widadio

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Indonesia International Maritime Festival (IIMF) 2014 akan diselenggarakan di Batam, Natuna, dan Anambas, Kepulauan Riau pada 28 Maret hingga 3 April 2014 mendatang.

IIMF 2014 merupakan acara tahunan yang bertujuan untuk mengembangkan serta mempromosikan potensi maritim di Kepulauan Riau. Serta memajukan dan mensejahterakan masyarakat khususnya di Batam, Natuna, dan Anambas dalam hal perhubungan, olahraga, pariwisata dan budaya.

“Acara ini bisa menunjukkan betapa Indonesia itu kaya akan kreasi dan rekreasi. Kreasi itu potensi ekonomi kreatif kita yang berbasis kearifan lokal,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Ukus Kuswara, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Jumat (14/3/2014)

Kegiatan yang akan diselenggarakan pada IIMF 2014 antara lain, "Maritime Conference and Expo" yang merupakan pameran maritim untuk memetakan kekuatan maritim nasional. Acara lainnya adaah "Sport, Leisure, and Entertainment" yang terdiri atas kompetisi olahraga serta pertunjukan seni dan budaya.

Pulau Batam, Natuna, dan Anambas dipilih karena memiliki infrastruktur yang paling siap. Selain itu, ketiganya berlokasi di wilayah terluar Indonesia. Batam juga merupakan pintu masuk menuju Indonesia ketiga terbanyak yang digunakan oleh wisatawan asing.

“Kunjungan melalui Batam pada Januari tahun ini meningkat 39 persen dibanding Januari tahun lalu. Batam juga berlokasi strategis. Semakin banyak aktivitas, maka akan semakin banyak pula kunjungan dari negara-negara sekitar,” ujar Ukus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com