Kompas.com - 15/03/2014, 12:44 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

KOMPAS.com - Setelah melihat berbagai keindahan di Alor, Ramon Y. Tungka dan Tim "100 Hari Keliling Indonesia" (HKI) Kompas TV melanjutkan perjalanan menuju Larantuka, Flores, Nusa Tenggara Timur. Dari Alor, Tim 100 HKI menggunakan Kapal Awu untuk menuju Pulau Flores.

“Larantuka merupakan gerbang masuk untuk mengunjungi Pulau Flores dari arah timur,” cerita Tanti Malasari, salah satu anggota Tim 100 HKI.

Larantuka juga merupakan gerbang masuk bagi penyebaran agama Katolik di Flores. Oleh karena itu, tujuan pertama Ramon di Larantuka adalah Keuskupan Santo Daminggo, salah satu keuskupan tertua di Larantuka.

“Ramon bertemu dengan Romo Eduardus dan berbincang banyak tentang sejarah penyebaran agama Katolik,” kata Tanti.

Portugis memberi pengaruh yang paling kuat terhadap kehidupan umat Katolik di Larantuka. Salah satunya melalui prosesi Semana Santa. Dalam bahasa Portugis, "semana" berarti pekan atau minggu, dan "santa" berarti suci.

Setelah meninggalkan keuskupan, Ramon juga mengunjungi kapel Tuan Ma. Di kapel ini terdapat patung Bunda Maria Tuan Ma disimpan.

Pengalaman Ramon di Larantuka akan dikisahkan pada episode 22 program "100 Hari Keliling Indonesia". Program ini ditayangkan di Kompas TV setiap Rabu pukul 20.00 WIB dan ditayangkan ulang pada Minggu pukul 14.00 WIB. Kisah lain perjalanan tim pernah dimuat di Kompas.com rubrik Travel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.