Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjalanan Ramon Bertemu Pahlawan di Ende

Kompas.com - 16/03/2014, 11:52 WIB
Nicky Aulia Widadio

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Perjalanan Ramon Y. Tungka dan tim "100 Hari Keliling Indonesia" (100 HKI) Kompas TV berlanjut ke Ende, Nusa Tenggara Timur. Ende dikenal sebagai kota penghasil kayu manis terbaik. Perjalanan ditempuh sejauh 156 kilometer dengan menggunakan mobil.

“Selama di perjalanan, kami disuguhi pemandangan biru laut dan gunung yang menjulang. Di tengah perjalanan kami berhenti sejenak mengagumi pemandangan yang luar biasa cantiknya,” cerita Tanti Malasari, salah satu anggota tim 100 HKI.

Setelah dua jam, Ramon dan tim 100 HKI akhirnya tiba di Ende. Kota ini juga terkenal sebagai tempat pengasingan presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno. Ramon dan tim 100 HKI pun mengunjungi rumah pengasingan Soekarno saat itu.

“Bertemu dengan Pak Udin, Ramon ditunjukkan tempat-tempat bersejarah di rumah itu,” kata Tanti. Di sini, wawasan kenegaraan Soekarno tergali, begitu pula dengan bakat melukis dan bermain biolanya.

ARSIP KOMPAS TV Dokter Regina atau Mama Maria mengabdikan hidupnya untuk anak-anak Ende.

Setelah rumah pengasingan Soekarno, Ramon bertemu dengan Dokter Regina atau Mama Maria. Ia merupakan salah satu pahlawan di Ende yang menghabiskan tiga perempat hidupnya mengayomi dan menjadi ibu bagi anak-anak Ende.

Mama Maria merupakan dokter gelombang pertama di Ende. Ia juga membantu anak-anak di Ende yang berasal dari keluarga kurang mampu sampai menempuh pendidikan tertinggi di bangku kuliah.

Perjalanan Ramon dan Tim 100 HKI di Ende akan dikisahkan pada episode 22 program 100 HKI. Program ditayangkan di Kompas TV setiap Rabu pukul 20.00 WIB dan ditayangkan ulang pada Minggu pukul 14.00 WIB. Kisah lain perjalanan tim pernah dimuat di Kompas.com rubrik Travel.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com