Kompas.com - 18/03/2014, 08:38 WIB
EditorI Made Asdhiana
KAWASAN Sarinah tak terlepas dari Jalan Agus Salim (dikenal dengan Jalan Sabang), Wahid Hasyim, dan Sunda. Kawasan ini merupakan segitiga emas untuk kuliner.

Maka, ketika menginjakkan kaki di kawasan ini, jangan kaget kalau berbagai kuliner dunia ada di sini. Tinggal menjatuhkan pilihan mau di mana memuaskan lidah.

Yang mau coba-coba, di sini ada warung kaki lima hingga restoran yang menawarkan menu tradisional Nusantara serta masakan Jepang mulai dari menu cepat saji hingga restoran dengan hidangan berkualitas tinggi. Ada juga masakan Timur Tengah, seperti kedai khusus penghidang kebab Turki, masakan Lebanon, dan martabak India.

Khusus bagi pencinta selera lokal, berkunjunglah ke Jalan Sunda, tepatnya di samping pusat perbelanjaan Sarinah. Di sepenggal jalan itu terdapat Bakmi Gajah Mada (GM) cabang Sarinah.

Bergeserlah ke Jalan Agus Salim. Tempat ini merupakan surga kuliner mulai dari siang hingga tengah malam. Tak hanya restoran, ketika malam hari, pedagang kaki lima menggelar gerobak dan restoran.

Berbagai masakan daerah tersedia di kawasan ini. Sebut saja masakan Padang di Natrabu dan Garuda, masakan Batak, dan Restoran Bakudapa yang menyajikan menu Manado.

Penyuka makanan khas Jawa Barat (Sunda) bisa memilih Rumah Makan Ampera. Selain ayam bakar dan goreng, tersedia juga ikan mas dan mujair, peda yang digoreng, dibakar, dan dipepes. Semangkok sayur asem melengkapi makanan itu. Jangan lupa nikmati beberapa jenis sambal dan dedaunan sebagai lalapannya.

Di jalan ini juga terdapat Sate Pak Heri. Selain tersedia sate ayam, sate kambing dan sop kaki kambing juga sangat menggoda. Letaknya ada di perempatan Sabang.

Asal jeli dan sabar, pengunjung mudah menemukan warung atau rumah makan penjual soto khas Kudus, Lamongan, juga sate Madura.

Masih di Jalan Agus Salim (Sabang), ada Bakmi Gang Kelinci yang terletak di bagian atas toko biskuit Khong Guan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.