Kompas.com - 18/03/2014, 18:38 WIB
Foie Gras, makanan mewah berbahan dasar hati asal Perancis yang kontroversial. NICKY AULIA WIDADIO/KOMPAS.COMFoie Gras, makanan mewah berbahan dasar hati asal Perancis yang kontroversial.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F


KOMPAS.com
– Foie Gras, makanan asal Perancis ini dikenal sebagai makanan yang mewah dan lezat. Berbahan dasar hati angsa, foie gras memiliki cita rasa dasar yang begitu kuat. Namun, Chef Ryan Clift, koki ternama sekaligus pemilik restoran bernama Tippling Club di Singapura, tahu bagaimana menghidangkannya dengan sempurna.

Pada acara Singapore Secret Dinner yang diadakan Singapore Tourism Board (STB), Jumat (14/3/2014) di Restoran Moovina Jakarta, Chef Ryan Clift menghidangkan foie gras yang dipadukan dengan cherry, spiced wine, dan brioche. Tidak tanggung-tanggung, bahan-bahan tersebut dibawanya langsung dari luar negeri.

Foie Gras bertekstur sangat lembut karena memiliki kandungan lemak yang tinggi. Begitu dilahap, cita rasa yang sangat kaya meriah di lidah. Itulah mengapa Ryan menyajikan hidangan ini bersama cherry. Cherry ternyata mampu menetralisir kuatnya cita rasa foie gras. Sementara kehadiran spiced wine dan brioche di piring semakin menambah kenikmatan sajian mewah ini.

Di balik rasanya yang nikmat, Foie Gras ternyata mengundang kontroversi karena cara produksinya yang dinilai kejam. Sebelum dipotong, angsa-angsa tersebut diberi makan secara paksa (force feeding) menggunakan sebuah selang yang diarahkan langsung ke mulut angsa.

Tujuannya untuk menambah kadar lemak pada hati angsa. Selain itu, sebelum dipotong angsa-angsa tersebut juga dikurung dalam sebuah kandang dengan tujuan agar lemak di bagian hati semakin menumpuk. Lemak yang menumpuk ini yang membuat cita rasa Foie Gras menjadi begitu kaya.

“Jangan khawatir, Foie Gras yang saya sajikan tidak berasal dari angsa yang dikurung. Angsa-angsa itu dibiarkan bebas berkeliaran di sekitar kandangnya,” ujar Ryan menjelaskan asal muasal Foie Gras yang dihidangkannya.

Foie Gras ala Ryan bisa dinikmati di Tippling Club Singapura. Di sana, Anda bisa menikmati 30 sajian yang dihidangkan oleh Ryan seperti Snow Crab, Wagyu, dan lain-lain. Minuman yang diramu oleh bartender ternama, Zachary Connor de Git, pun siap menemani santapan Anda.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X