Kompas.com - 19/03/2014, 12:56 WIB
Wisatawan menikmati sore di Pantai Kuta, Bali, Sabtu (22/6/2013). Keindahan wisata pantai di sejumlah kawasan di Bali seperti Kuta, Seminyak, Jimbaran, Nusa Dua dan Tanjung Benoa masih menjadi daya tarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara. KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZESWisatawan menikmati sore di Pantai Kuta, Bali, Sabtu (22/6/2013). Keindahan wisata pantai di sejumlah kawasan di Bali seperti Kuta, Seminyak, Jimbaran, Nusa Dua dan Tanjung Benoa masih menjadi daya tarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara.
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah majalah pariwisata Rusia yang telah mengenalkan banyak destinasi di berbagai pelosok negara baru-baru ini menobatkan Pulau Bali sebagai pulau terindah di dunia. Penghargaan tersebut digelar di Moskwa, Rusia, pada 17 Maret 2014. Duta Besar RI untuk Rusia, Djauhari Oratmangun didampingi Penangggung Jawab Fungsi Pensosbud KBRI Moskwa, Yul Edison mewakili penerimaan penghargaan tersebut.

Terpilihnya Bali sebagai pulau terindah di dunia merupakan pilihan pembaca Conde Nast Traveler Russia dan lebih dari itu rupanya mendapatkan perhatian banyak media di Rusia. Bali berhasil mengalahkan beberapa nominasi pulau indah lainnya seperti Phuket, Maladewa, Mauritius, dan Yunani.

Selain mendapatkan penghargaan pulau terindah, salah satu hotel di Bali yaitu Hotel Mulia Bali masuk sebagai nominator untuk hotel terbaik untuk keluarga pilihan pembaca namun masih belum berhasil memenangkan kategori hotel terbaik.

Dalam sambutannya, Dubes Djauhari Oratmangun menyampaikan bahwa penghargaan yang diterima Bali ini tidak terlepas dari upaya semua pihak di Indonesia maupun di Rusia untuk terus mempromosikan keindahan Pulau Dewata kepada calon turis potensial asal Rusia.

KOMPAS/WAWAN H PRABOWO Para penari Adimerdangga dari Gianyar menyemarakkan upacara Peletakan Batu Pertama Proyek Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bukit Ungasan, Bali, Jumat (23/8/2013). Rencananya, dalam tiga tahun ke depan di tempat tersebut akan berdiri sebuah monumen yang memiliki ketinggian 126 meter dan lebar 64 meter.
"KBRI Moskwa juga secara terus-menerus melakukan upaya promosi Pulau Bali dan obyek-obyek wisata lain di Indonesia kepada masyarakat Rusia. Penghargaan ini merupakan bukti bahwa Indonesia termasuk Pulau Bali mampu memberikan 7S kepada turis Rusia, yakni: sun, sea, sand, smile, service, scenery, dan satisfaction setelah mereka kembali ke negaranya," ujar Djauhari.

Majalah Conde Nast Traveler di Rusia rutin menyelenggarakan Readers Choice Award untuk mengetahui kategori wisata dan sarana pendukung yang disukai masyarakat Rusia. Majalah ini pun rupanya sering memuat tulisan mengenai tujuan wisata di Indonesia termasuk Edisi Summer 2013 yang secara khusus mengulas pengalaman Maria Sharapova saat berkunjung ke Yogyakarta dalam 14 halaman di Conde Nast Traveler Russia, Spanyol, dan juga versi China.

Bali memang masih menjadi primadona tujuan wisata di Tanah Air bagi wisatawan asing. Pulau Dewata dianggap banyak pihak paling lengkap memadukan dan menyimpan keindahan lanskap alam spektakuler dan budaya yang memikat.

KOMPAS.COM/NI LUH MADE PERTIWI F Taman Ujung di Karangasem, Bali.
Keindahan tersebut selaras dengan keramahan dan kehangatan masyarakatnya. Kebudayaan terus dilestarikan di Bali dari generasi ke generasi. Ada dan tiada wisatawan maka riuh adat dan genderang bunyi tabuhan alat musik tradisional tetap akan dipentaskan.

Bali pun lengkap memiliki resor terbaik di dunia berpadu dengan pantai menawan, kuliner yang lezat, dan tempat sempurna untuk berbelanja.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.