Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ke Bali? Jelajahi Destinasi "Jauh" Dulu

Kompas.com - 20/03/2014, 08:30 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Sebagian besar operator tur wisata dari Eropa membawa wisatawan mancanegara asal Eropa ke tempat-tempat jauh terlebih dahulu saat melancong di Bali. Tempat jauh yang dimaksud adalah daerah-daerah di luar selatan Bali, seperti kawasan utara, barat, dan timur Bali.

"Biasanya dibawa ke jauh dulu. Mereka ini perlu brainwash bahwa dia sudah berada di Bali. Ditunjukkan bahwa inilah Bali," kata Vice President Sales & Marketing Waka Hotels & Resorts Dewi Trisnawati di Jakarta, Rabu (19/3/2014).

Apalagi, lanjut Trisna, para wisatawan ini telah menempuh lebih dari 18 jam perjalanan dengan pesawat langsung ke Bali. Tentu yang mereka inginkan adalah gambaran Bali sesungguhnya.

"Kalau daerah selatan sudah menjadi area turistik. Ini yang tidak diinginkan operator tur. Mereka masih ingin tetap menampilkan Bali yang eksotis," tambahnya.

Destinasi wisata tersebut seperti daerah Tabanan dan Klungkung. Trisna menuturkan, Tabanan memang kawasan luas, tetapi mudah dijangkau dari Bandara Ngurah Rai.

"Seperti turis dari Jakarta paling hanya bisa ke Bali saat weekend, hanya dua malam saja, akhirnya lebih banyak di selatan. Tapi, coba jelajahi Pulau Bali," katanya.

Salah satu resor yang dikelola Waka Hotels & Resorts adalah Waka Gangga yang berada di Pantai Gangga, Tabanan. Pantai Gangga berada tak jauh dari Tanah Lot.

Ia mengaku memang tidak banyak wisatawan domestik ke daerah Pantai Gangga. Oleh karena itu, ia berharap semakin banyak wisatawan domestik yang mau menginap di kawasan ini.

Namun, untuk Waka Sailing yang juga produk dari Waka Hotels & Resorts, minat wisatawan domestik mulai terlihat. Trisna menuturkan, sudah ada grup domestik yang mencarter kapal.

"Mulai banyak grup kecil berjumlah 12 orang, tapi ada yang sampai carter juga," katanya.

Dengan Waka Sailing, tamu naik kapal layar dari Pelabuhan Tanjung Benoa lalu diajak mengarungi laut selama dua jam. Kemudian berlabuh di marina pribadi di Nusa Lembongan, Klungkung. Di sini, tamu menikmati aneka aktivitas olahraga air, seperti snorkling dan tur ke desa tradisional Bali, serta makan siang prasmanan seafood.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com