Kompas.com - 20/03/2014, 08:30 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F
JAKARTA, KOMPAS.com — Sebagian besar operator tur wisata dari Eropa membawa wisatawan mancanegara asal Eropa ke tempat-tempat jauh terlebih dahulu saat melancong di Bali. Tempat jauh yang dimaksud adalah daerah-daerah di luar selatan Bali, seperti kawasan utara, barat, dan timur Bali.

"Biasanya dibawa ke jauh dulu. Mereka ini perlu brainwash bahwa dia sudah berada di Bali. Ditunjukkan bahwa inilah Bali," kata Vice President Sales & Marketing Waka Hotels & Resorts Dewi Trisnawati di Jakarta, Rabu (19/3/2014).

Apalagi, lanjut Trisna, para wisatawan ini telah menempuh lebih dari 18 jam perjalanan dengan pesawat langsung ke Bali. Tentu yang mereka inginkan adalah gambaran Bali sesungguhnya.

"Kalau daerah selatan sudah menjadi area turistik. Ini yang tidak diinginkan operator tur. Mereka masih ingin tetap menampilkan Bali yang eksotis," tambahnya.

Destinasi wisata tersebut seperti daerah Tabanan dan Klungkung. Trisna menuturkan, Tabanan memang kawasan luas, tetapi mudah dijangkau dari Bandara Ngurah Rai.

"Seperti turis dari Jakarta paling hanya bisa ke Bali saat weekend, hanya dua malam saja, akhirnya lebih banyak di selatan. Tapi, coba jelajahi Pulau Bali," katanya.

Salah satu resor yang dikelola Waka Hotels & Resorts adalah Waka Gangga yang berada di Pantai Gangga, Tabanan. Pantai Gangga berada tak jauh dari Tanah Lot.

Ia mengaku memang tidak banyak wisatawan domestik ke daerah Pantai Gangga. Oleh karena itu, ia berharap semakin banyak wisatawan domestik yang mau menginap di kawasan ini.

Namun, untuk Waka Sailing yang juga produk dari Waka Hotels & Resorts, minat wisatawan domestik mulai terlihat. Trisna menuturkan, sudah ada grup domestik yang mencarter kapal.

"Mulai banyak grup kecil berjumlah 12 orang, tapi ada yang sampai carter juga," katanya.

Dengan Waka Sailing, tamu naik kapal layar dari Pelabuhan Tanjung Benoa lalu diajak mengarungi laut selama dua jam. Kemudian berlabuh di marina pribadi di Nusa Lembongan, Klungkung. Di sini, tamu menikmati aneka aktivitas olahraga air, seperti snorkling dan tur ke desa tradisional Bali, serta makan siang prasmanan seafood.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.