Kompas.com - 21/03/2014, 10:20 WIB
Kapal kelotok di Tanjung Puting. KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANAKapal kelotok di Tanjung Puting.
EditorI Made Asdhiana
PALANGKARAYA, KOMPAS.com - Pemerintah kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah diminta mengembangkan wisata alam unggulan yang telah ada sehingga menarik para wisatawan lokal maupun internasional datang ke wilayah setempat.

"Potensi alam bahkan seni budaya di daerah ini banyak serta tidak dimiliki provinsi lain, namun kurang mendapat perhatian serius dari pemerintah kabupaten/kota," kata Sekretaris Daerah Kalteng Siun Jarias di Palangkaraya, Kamis (20/3/2014).

"Pemerintah provinsi sudah berupaya mempromosikan wisata alam ke daerah bahkan negara lain, tapi terkesan kurang optimal karena belum sepenuhnya didukung pemerintah kabupaten/kota," kata Siun.

Upaya mempromosikan wisata alam dan seni budaya yang telah dilakukan Pemprov Kalteng, antara lain terlihat dari diselenggarakannya Explore Exotica Of Borneo 2013, menampilkan tarian Dayak hingga ke Australia, dan rutin menyelenggarakan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM).

Sekda Kalteng mengatakan pemerintah kabupaten/kota di provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai" itu harus lebih teliti serta melakukan berbagai terobosan untuk mengembangkan wisata alam maupun seni budaya.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Orangutan di Camp Leakey Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah, Selasa (26/11/2013).
"Sebenarnya Dinas Pariwisata se-Kalteng juga tidak perlu membuat program baru terkait dengan wisata alam. Coba lihat di sekeliling dan lakukan terobosan untuk mengembangkannya," ujar Siun.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng Yuel Tanggara mengatakan pengembangan obyek wisata alam di wilayah setempat telah dilakukan melalui rapat koordinasi dengan Dinas Pariwisata kabupaten/kota.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rapat koordinasi tersebut dimaksudkan untuk menyamakan pemahaman tentang program prioritas pengembangan wisata alam serta langkah-langkah yang akan dilakukan secara optimal.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.