Kompas.com - 22/03/2014, 09:55 WIB
EditorI Made Asdhiana
KOMPAS.com - Mendengar nama Bogor, Cisarua, dan Puncak untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga, pasti dahi langsung berkerenyit. Duh... pasti macet ke sana. Memang, setiap libur akhir pekan atau libur nasonal, kawasan Cisarua sampai Puncak dipastikan "diserbu" pengunjung dan ujung-ujungnya lalu lintas macet total.

Meskipun dikenal sebagai daerah macet saat liburan, tidak perlu berkecil hati. Pasalnya kalau Anda bisa menyiasatinya, niscaya liburan seperti ke Cisarua pasti menyenangkan, menikmati alam, belajar mengenai kehidupan binatang dan sekaligus berkumpul bersama keluarga.

Menyebut Cisarua, ingatan tentu langsung menuju Taman Safari Indonesia (TSI). Berbagai satwa dan permainan bisa ditemukan di sini. Namun banyak yang belum tahu bahwa Royal Safari Garden (RSG) Resort & Convention yang berada di Cisarua, Bogor merupakan sebuah tempat wisata alam dan edutainment yang mempunyai beragam fasilitas untuk keluarga.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Royal Safari Garden Resort & Convention di Cisarua, Bogor, Jawa Barat.
Menurut Krisdiar Porandito, Marketing Communication RSG, berbagai aktivitas bisa ditemukan seperti aktifitas terhadap fauna melalui pengenalan satwa seperti gajah, kuda, unta, burung maupun leopard.

Meski pemilik sama, TSI dan RSG memiliki manajemen terpisah dan keduanya memiliki penginapan dan aneka satwa. Ibaratnya, kalau TSI dilengkapi dengan penginapan, maka RSG merupakan penginapan yang memiliki TSI mini. Kalau di TSI mengenal satwa perlu perjalanan panjang, maka di RSG termasuk singkat. "Anak-anak pasti senang," kata Porandito, Sabtu (15/3/2014) lalu.

Selain fasilitas menginap, menikmati permainan outbound kids dan flying fox, lanjut Pora, anak-anak pasti suka. Apalagi ketika memberi makan rusa dan watusi yakni sapi Afrika yang mempunyai tanduk panjang.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Menunggang gajah di Royal Safari Garden Resort & Convention, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (15/3/2014).
"Selain itu pengenalan flora kami mengajarkan bagaimana cara menanam dan mengenal berbagai macam tanaman serta mencoba memakan tebu secara langsung di Agrifood," sambung Pora.

Saat ini RSG memiliki 462 unit kamar dan 11 bungalow dengan tarif mulai Rp 1.675.000 hingga Rp 4.250.000 per malam. "Nama-nama kamar menggunakan nama binatang seperti giraffe, tiger, leopard, dan elephant. Selain itu dekorasi yang natural adalah upaya kami untuk memberikan kesan kepada tamu saat mereka menginap atau berkunjung ke Royal Safari Garden akan merasa lebih nyaman seperti berada di alam sesungguhnya," kata Vini Noviani, Sales Manager Royal Safari Garden.

Penginapan yang berada di Jalan Raya Puncak ini juga memiliki berbagai macam fasilitas rekreasi dan olah raga seperti lapangan badminton, lapangan basket, lapangan tennis, bird park, mini train, animal ride seperti gajah, unta dan kuda. Kalau pengunjung RSG ingin ke TSI akan mendapatkan tarif diskon sebesar Rp 100.000 per orang.

Vini melanjutkan, bagi para pebisnis, RSG juga menyediakan ruang pertemuan mulai kapasitas 70 orang hingga 800 orang di Cendrawasih, Badak, Leopard dan Tiger ballroom.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.