Kompas.com - 26/03/2014, 18:37 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah terus mengembangkan kawasan Bali bagian utara dan Lombok bagian selatan sebagai destinasi wisata. Hal ini didorong karena meningkatnya kunjungan wisata ke Bali dan Lombok.

"Kawasan Bali utara dan Lombok selatan sangat prospektif untuk dikembangkan menjadi kawasan eco tourism," tutur Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, di Jakarta, Rabu (26/3/2014).

Menurut data statistik, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara maupun domestik ke Nusa Tenggara Barat meningkat tajam dari 887.000 jiwa pada 2011 menjadi 1,2 juta orang pada 2013. Namun, lanjut Mari, pariwisata di Bali misalnya, hingga saat ini masih terpusat di kawasan Bali bagian selatan.

Mari menambahkan, pengembangan kawasan Bali bagian utara maupun Lombok bagian selatan perlu didukung dengan adanya konektivitas yang baik. Selain melalui udara, juga perlu pembangunan konektivitas melalui jalur laut.

"Di Bali utara akan segera dibangun bandara, hanya tinggal menunggu kepastian lokasinya. Selain itu juga dikembangkan Pelabuhan Tanah Ampo dan Celukan sebagai cruiseship connectivity. Di Lombok, kawasan seperti Tanjung Ringgit dan Teluk Mekaki dihubungkan dengan ring road sehingga mudah diakses dari Bandara Internasional Lombok," papar Mari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.