Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumatera Barat Siap Helat Tour de Singkarak 2014

Kompas.com - 30/03/2014, 18:48 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

PADANG, KOMPAS.com - Ajang balap sepeda Tour de Singkarak (TdS) akan kembali digelar tahun ini. Rencananya, salah satu ajang balap sepeda bergengsi di Indonesia itu akan digelar pada 7-15 Juni 2014, dimulai dari Padang Pariaman, dan diakhiri di Kota Padang.

Dalam penyelenggaraan tahun ini, akan ada 9 rute yang akan ditempuh oleh para peserta. Rute tersebut akan melalui 18 kabupaten dan kota yang ada di Sumatera Barat. Ada pun jumlah peserta mencapai sekitar 160 pebalap yang berasal dari 20 tim. "Untuk pelaksanaan Tour se Singkarak tahun ini, Sumatera Barat jauh lebih siap dari tahun-tahun sebelumnya," kata Wakil Gubernur Sumatera Barat Muslim Kasim, di Padang, Minggu (30/3/2014).

Adapun persiapan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, menurut Kasim, meliputi perbaikan jalan yang nantinya akan digunakan oleh para peserta. TdS 2014 akan ditempuh dalam jarak 1.250 kilometer. "Jalan-jalan nasional maupun jalan provinsi hampir semuanya telah siap untuk dilalui, kecuali yang di Pasaman, yang saat ini masih dalam tahap perbaikan," ucap Kasim.

TdS merupakan ajang balap sepeda yang  telah digelar sejak 2009. Saat ini, ajang tersebut telah masuk dalam kelas 2.2 dalam kalender Persatuan Balap Sepeda Internasional (UCI). Pelaksanaan ajang balapan ini sendiri lebih ditujukan untuk mempromosikan pariwisata di Negeri Minangkabu itu.

Berikut daftar rute IdC 2014: 7 Juni: Padang Pariaman-Pariaman. 8 Juni: Pasaman-Pasaman Barat. 9 Juni: Limapuluh Kota-Tanah Dasar. 10 Juni: Bukittinggi-Agam. 11 Juni: Payakumbuh-Kabupaten Solok. 12 Juni: Padang Panjang-Kota Solok. 13 Juni: Sijunjung-Dharmasraya. 14 Juni: Sawahlunto-Solok Selatan. 15 Juni: Pesisir Selatan-Kota Padang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com