Kompas.com - 03/04/2014, 12:11 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Kenaikan tarif Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) atau airport tax harus diimbangi dengan peningkatan fasilitas dan pelayanan di bandara. Hal tersebut disampaikan oleh beberapa pelaku industri travel saat dihubungi Kompas Travel, di Jakarta, Rabu (2/4/2014).

"Selama sosialisasinya jelas dan dampak terhadap fasilitas serta pelayanannya meningkat, tentu tidak masalah. Itu artinya kita turut mendukung pemerintah untuk terus meningkatkan pelayanan di bandara," ujar VP Marketing & Communication Smailing Tour, Putu Ayu Aristyadewi.

Menurut Putu, kenaikan airport tax tidak akan berdampak pada pengguna jasa penerbangan. “Secara perlahan para penumpang pasti akan menyesuaikan diri dan menyiapkan budget lebih. Oleh karena itu, yang perlu dibenahi adalah pelayanan dan fasilitas di bandara,” ujarnya.

Sementara Direktur Wita Tour, Rudiana, mengungkapkan beberapa fasilitas dan pelayanan bandara yang perlu dibenahi antara lain adalah fasilitas parkir kendaraan, keamanan dan ketertiban yang baik di bandara, fasilitas ruang tunggu yang nyaman, dan kebersihan. “Kenaikan airport tax di beberapa bandara ini kan cukup signifikan, kalau bisa diimbangi dengan pelayanan dan fasilitas yang baik tentu penumpang akan merasa puas,” ujar Rudiana.

Rudiana juga menambahkan bahwa kenaikan airport tax berpengaruh pada harga akhir tiket dari beberapa maskapai. "Seperti pada harga tiket maskapai penerbangan Garuda Indonesia dan Citilink yang di dalam harga tiketnya sudah termasuk airport tax," tutur Rudiana.

Seperti diberitakan sebelumnya , besaran tarif PJP2U di 5 Bandara Angkasa Pura I sebagai berikut:
- Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali (DPS): dalam negeri Rp 75.000 dan luar negeri Rp 200.000.
- Bandara Juanda Surabaya (SUB): dalam negeri Rp 75.000 dan luar negeri Rp 200.000.
- Bandara Sepinggan Balikpapan (BPN): dalam negeri Rp 75.000 dan luar negeri Rp 200.000.
- Bandara Sultan Hasanuddin (UPG): dalam negeri Rp 50.000 dan luar negeri Rp 150.000.
- Bandara Lombok Praya (LOP): dalam negeri Rp 45.000 dan luar negeri Rp 150.000.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.