Kompas.com - 08/04/2014, 12:36 WIB
EditorI Made Asdhiana
TERNATE, KOMPAS.com - Masyarakat Kota Tidore Kepulauan (Tikep) diminta menumbuhkan sadar wisata, sehingga pada akhirnya membentuk masyarakat maupun kelompok yang lebih besar dan memiliki kepedulian dan kesadaran tinggi terhadap pembangunan pariwisata di lingkungannya.

Wali Kota Tikep, Ahmad Mahifa di Ternate, Senin (7/4/2014), mengatakan, ada beberapa persoalan penting yang harus diselesaikan terkait pembangunan pariwisata di Kota Tidore Kepulauan, yakni potensi pariwisata di Kota Tikep masih banyak belum diketahui, dikelola dan dikembangkan dengan baik.

"Potensi masyarakat dalam mengelola kepariwisataan banyak yang belum tersalurkan sebagaimana mestinya," ujarnya.

Selain itu, kendala pada keterbatasan informasi untuk menjelajah, mengenali dan memanfaatkan sekaligus mempromosikan potensi pariwisata di daerahnya. Keempat, kebutuhan dan karakteristik yang khas dari masyarakat untuk mengelola potensi-potensi wisata di lingkungannya masing-masing.

Ahmad Mahifa berharap kegiatan ini mampu menggugah kesadaran membangun sektor kepariwisataan dan menjadikan Kota Tikep sebagai sektor andalan dan ikon destinasi wisata tersebar di Malut.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Festival Tidore 2013 di Kadaton Kie Kesultanan Tidore, Provinsi Maluku Utara.
Untuk itu, sosialisasi sadar wisata bertujuan memberikan masyarakat tentang pemahaman mengenai konsep sadar wisata dan Sapta Pesona sebagai unsur penting dalam pengembangan pariwisata. Sosialisasi ini akan mendorong peran aktif masyarakat, memberikan acuan bagi masyarakat dalam pengembangan kepariwisataan dan memberikan pengetahuan tentang tata cara berbusana adat Tidore dalam kegiatan adat dan budaya.

Pemkot Tikep menggelar Sosialisasi Sadar Wisata yang berlangsung selama satu hari. Acara tersebut dihadiri Wali Kota Tidore Kepulauan, Ketua Darma Wanita Kota Tidore Kepulauan, pimpinan SKPD dan diikuti oleh perwakilan dari masing-masing kelurahan/desa di wilayah pulau Tidore yang berjumlah 80 orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.