Rasa Otentik Italia di Cafe Firenze

Kompas.com - 21/04/2014, 09:40 WIB
Piadina Tonno. Menu ini berisi salad, ikan tuna, tomat, mayonaise dan potongan timun. ARSIP DOYANKULINER.COMPiadina Tonno. Menu ini berisi salad, ikan tuna, tomat, mayonaise dan potongan timun.
EditorI Made Asdhiana
KOMPAS.com - Kuliner kali ini kami mendatangi salah satu kafe di daerah Kemang, Jakarta Selatan. Namanya Cafe Firenze. Kafe ini belum lama buka dengan  menyajikan menu makanan khas Italia. Lokasinya berada tidak jauh dari Sushi Miyabi.

Untuk memberikan citra rasa Italia yang otentik Cafe Firenze mendatangkan langsung chef berkebangsaan Italia bernama Luigi P Palandri dari Firenze atau lebih dikenal dengan Florence.

Siang itu saya bersama istri mencoba beberapa menu mulai makanan pembuka, pasta, pizza hingga dessert. Pesanan kami Piadina Tonno, Farfalle Al Salmone, Primavera, Tonno E Cipolla.

Yuk kita cobain satu persatu, pertama saya mau coba menu pembuka yaitu Piadina Tonno. Menu ini berisi salad, ikan tuna, tomat, mayonaise dan potongan timun. Menu ini mirip kebab, dan satu porsi bisa untuk berdua.

ARSIP DOYANKULINER.COM Farfalle Al Salmone, pasta dengan bentuk mirip kupu-kupu.
Menu berikutnya adalah Farfalle Al Salmone, pasta dengan bentuk mirip kupu-kupu ini diolah dengan campuran daging ikan salmon yang fresh, rasanya nikmat dan ikan salmonnya juga tidak amis. Untuk jenis pasta ini saya sendiri belum pernah mencobanya.

Bila Anda pesan menu pasta di sini bisa pesan Scotta atau Al Dente. Jadi ini adalah tingkat kematangan masakannya, kalau Scotta adalah matang atau kalau biasa kita pesan steak pesan-nya well done. Nah saya mencoba memesan dengan tingkat kematangan Al Dente, ini tingkat kematangannya ¾ matang, dan ini kalau di Italia Al Dente lebih banyak disukai.

Sedangkan istri saya untuk menu pasta memesan spesial menu hari ini, yaitu Primavera. Menu ini termasuk pasta sederhana, hanya berisi pasta dan tomat chery saja, rasanya juga menurut istri saya oke.

ARSIP DOYANKULINER.COM Primavera. Menu ini termasuk pasta sederhana, hanya berisi pasta dan tomat chery saja.
Untuk menu Pizza di sini masih menggunakan metode stone oven selayaknya di negara asalnya Italia. Pizza di sini modelnya tipis dan ini juga salah satu andalan Cafe Firenze ini. Pizza Tonno E Cipolla ini berisi tomato sauce, tuna, mozzarella cheese dan onions. Hmmm... pizzanya tipis dan garing, asli ini enak. Tidak terasa saya dan istri sudah menghabiskan satu pizza.

Karena masih penasaran dengan menu pizza, saya akhirnya pesan satu menu pizza lagi, yaitu Biancaneve. Kalau yang ini isinya lebih minimalis, hanya berisi mozzarella cheese, tomato cherry, daun basil. Wah ini rasanya juga enak dan gurih, aroma cheese-nya memang menggoda.

ARSIP DOYANKULINER.COM Cafe Firenze di Kemang, Jakarta Selatan.
Untuk Dessert di sini ada beberapa menu yang layak Anda coba, seperti Panna Cotta, Cream Brule dan Cheese Cake. Saya memilih Cheese Cake dan istri saya memilih Cream Brule untuk dessert-nya. Selain Dessert Cafe Firenze juga menyediakan menu varian crepes. Bisa dengan coklat, strawberry bahkan ice cream.

Kami berdua benar-benar puas dengan menu Italia di sini, buat penggemar menu Italia kami merekomendasikan Cafe Firenze untuk masuk di daftar tempat kuliner yang Anda wajib coba. (Frans)

ARSIP DOYANKULINER.COM Eddi, pemilik Cafe Firenze dan chef Luigi P Palandri. Cafe Firenze berlokasi di Kemang, Jakarta Selatan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X