Kompas.com - 26/04/2014, 08:38 WIB
EditorI Made Asdhiana
AKHIRNYA kami tiba di sini, di Sirkuit Motorland Aragon, Spanyol. Sebagai sirkuit balap, Motorland Aragon identik dengan pacu adrenalin dan kemantapan berkendara. Juga kejantanan.

Angin kencang dan udara dingin menyambut begitu kami keluar dari mobil Jaguar F-Type Coupe. Kami berkendara sejauh 162 kilometer dari Bandara Lleida setelah terbang selama sekitar 45 menit dari Barcelona. Selama berkendara, embusan angin kencang dan udara dingin sama sekali tak terasa karena kabin mobil kedap udara dan memiliki sistem aerodinamik yang mantap sehingga tetap stabil meski dipacu dengan kecepatan hingga 200 kilometer per jam.

Nah, begitu membuka pintu mobil, badan terhuyung diterpa angin yang kecepatannya mencapai 15 knot. Belum lagi suhu yang jatuh di angka 12 derajat celsius, menyebabkan tubuh menggigil. Meskipun saya sudah memakai jaket, sarung tangan, dan syal, udara dingin tetap dapat menyusup ke saraf-saraf kulit. Mendung memayungi seantero Aragon dan sesekali menjatuhkan gerimis.

”Selamat datang di Motorland Aragon dan menikmati udara yang dingin ini. Cuaca kurang bagus tapi kita akan menghangatkan diri dengan memacu adrenalin di sirkuit ini,” kata Senior Manager Jaguar Global Communications Jaguar Gordon Snoddy membuka sambutan di depan 24 jurnalis. Mereka antara lain dari India, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Indonesia.

Dia lantas menjelaskan bahwa masing-masing jurnalis mendapat kesempatan untuk menjajal sirkuit dengan mengemudikan Jaguar F-Type Coupe. Setiap jurnalis ditemani seorang instruktur untuk memahami setiap detail sirkuit.

Sirkuit Motorland Aragon dibangun di atas lahan seluas 1.320 kilometer persegi. Sirkuit ini mendapat sertifikat International Road Racing Teams Association (IRTA) pada tahun 2010, artinya seluruh fasilitas dan teknologinya memenuhi standar sirkuit internasional. Semua itu antara lain berkat sentuhan Herman Tilke, pria Jerman yang top dalam merancang trek balap. Pembalap F1 Pedro de la Rosa juga terlibat sebagai konsultan teknis dan olahraga Sirkuit Motorland Aragon.

Siap ngebut

Sirkuit Motorland Aragon mempunyai panjang 5,3 km dan lebar lintasan 12 meter–15 meter. Sirkuit utama memiliki 17 tikungan. Membayangkan banyaknya tikungan itu, saya bimbang. Antara ingin memacu mobil yang harganya mencapai Rp 1,4 miliar ini atau menonton di dekat mesin penghangat mengusir dingin. Apalagi saat itu hujan.

Saya kerap berkendara dari Medan ke Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, yang jalanan berliku dan menanjak. Saya juga sering menjelajahi jalanan dari Tele ke Samosir di tepi Danau Toba yang berliku dan curam itu dengan mobil manual yang hanya mampu menghasilkan 86 tenaga kuda. Paling kencang, saya melaju sampai 100 kilometer per jam di jalan lurus. Saat menemui jalan berliku, paling hanya 40 kilometer per jam.

KOMPAS/MOHAMMAD HILMI FAIQ Salah satu perkebunan zaitun di Lleida, Spanyol, Minggu (30/3/2014). Mayoritas penduduk Lledia bekerja sebagai petani zaitun dan anggur.
Tapi ini lain, saya harus mengendarai mobil berkekuatan 550 tenaga kuda di arena balap dengan kecepatan tinggi. Saya lalu memakai helm, buka pintu, duduk, dan pasang sabuk pengaman. Jok yang empuk dan nyaman membuat saya makin yakin meski agak tegang. Lalu, Paul menekan tombol star mesin. ”Ruum...ruuum...,” mobil Jaguar ini menyalak galak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.