Kompas.com - 29/04/2014, 14:37 WIB
Parade Tatung dalam Festival Cap Go Meh 2014 di Singkawang, Kalimantan Barat, Jumat (14/2/2014). ARSIP KEMENPAREKRAFParade Tatung dalam Festival Cap Go Meh 2014 di Singkawang, Kalimantan Barat, Jumat (14/2/2014).
EditorI Made Asdhiana
PONTIANAK, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Kalimantan Barat Christiandy Sanjaya mengingatkan pengelola pariwisata untuk berpikir kreatif sehingga tidak terjebak dalam penyelenggaraan kegiatan yang sekadar rutinitas tahunan.

"Jangan merasa puas untuk hanya sekadar mampu menyelenggarakan event, akan tetapi harus terus berpikir kreatif, inovatif serta mampu berimprovisasi dalam menghasilkan dan menyajikan event pariwisata yang berkualitas serta mempunyai nilai jual tinggi," kata Christiandy Sanjaya di Pontianak, Minggu (27/4/2014).

Menurut Christiandy, sudah sepatutnya pengelola pariwisata melepaskan diri dari sikap konservatif sehingga cenderung terjebak pada kegiatan yang bersifat rutinitas. "Ujung-ujungnya, hanya akan mendatangkan kejenuhan dan kebosanan belaka," katanya.

Pemprov Kalbar tetap mendukung upaya mempromosikan Kalbar di berbagai kancah wisata dan budaya baik nasional maupun internasional. Salah satunya di ajang Explore Exotica of Borneo Tahun 2014, di Anjungan Kalimantan Barat, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

Acara tersebut diselenggarakan selama empat kali dalam setahun di salah satu Anjungan Kalimantan Taman Mini Indonesia Indah. Kali ini, Kalbar bertindak selaku pemangku acara yang digelar selama dua hari mulai 26 April.

BARRY KUSUMA Perayaan Cap Go Meh di Singkawang, Kalimantan Barat tahun 2012.
Menurut Christiandy, Explore Exotica of Borneo itu dapat memberi jawaban konkret dan strategis atas beberapa fenomena yang mengemuka. Seperti persaingan yang semakin kompetitif, baik di tingkat nasional ataupun internasional yang ditandai dengan meningkatnya kerja sama regional, nasional, dan internasional dalam mengembangkan kepariwisataan dan ekonomi kreatif. Kemudian meningkatkan kualitas dan kuantitas produk wisata yang dipromosikan dan dipasarkan secara luas.

Selain itu, adanya komitmen yang kuat dari pemerintah untuk terus mendorong pertumbuhan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan industri pariwisata.

Wagub berharap melalui berbagai kebijakan dan langkah bersama yang telah dan akan terus dikembangkan Provinsi se-Kalimantan mampu memberikan kontribusi yang positif dalam mendukung setiap program pengembangan industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.