Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengelola Pariwisata Harus Berpikir Kreatif

Kompas.com - 29/04/2014, 14:37 WIB
PONTIANAK, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Kalimantan Barat Christiandy Sanjaya mengingatkan pengelola pariwisata untuk berpikir kreatif sehingga tidak terjebak dalam penyelenggaraan kegiatan yang sekadar rutinitas tahunan.

"Jangan merasa puas untuk hanya sekadar mampu menyelenggarakan event, akan tetapi harus terus berpikir kreatif, inovatif serta mampu berimprovisasi dalam menghasilkan dan menyajikan event pariwisata yang berkualitas serta mempunyai nilai jual tinggi," kata Christiandy Sanjaya di Pontianak, Minggu (27/4/2014).

Menurut Christiandy, sudah sepatutnya pengelola pariwisata melepaskan diri dari sikap konservatif sehingga cenderung terjebak pada kegiatan yang bersifat rutinitas. "Ujung-ujungnya, hanya akan mendatangkan kejenuhan dan kebosanan belaka," katanya.

Pemprov Kalbar tetap mendukung upaya mempromosikan Kalbar di berbagai kancah wisata dan budaya baik nasional maupun internasional. Salah satunya di ajang Explore Exotica of Borneo Tahun 2014, di Anjungan Kalimantan Barat, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

Acara tersebut diselenggarakan selama empat kali dalam setahun di salah satu Anjungan Kalimantan Taman Mini Indonesia Indah. Kali ini, Kalbar bertindak selaku pemangku acara yang digelar selama dua hari mulai 26 April.

BARRY KUSUMA Perayaan Cap Go Meh di Singkawang, Kalimantan Barat tahun 2012.
Menurut Christiandy, Explore Exotica of Borneo itu dapat memberi jawaban konkret dan strategis atas beberapa fenomena yang mengemuka. Seperti persaingan yang semakin kompetitif, baik di tingkat nasional ataupun internasional yang ditandai dengan meningkatnya kerja sama regional, nasional, dan internasional dalam mengembangkan kepariwisataan dan ekonomi kreatif. Kemudian meningkatkan kualitas dan kuantitas produk wisata yang dipromosikan dan dipasarkan secara luas.

Selain itu, adanya komitmen yang kuat dari pemerintah untuk terus mendorong pertumbuhan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan industri pariwisata.

Wagub berharap melalui berbagai kebijakan dan langkah bersama yang telah dan akan terus dikembangkan Provinsi se-Kalimantan mampu memberikan kontribusi yang positif dalam mendukung setiap program pengembangan industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com