Kompas.com - 29/04/2014, 17:56 WIB
Pengunjung mengamati benda-benda koleksi Museum Radya Pustaka di Kota Solo, Jawa Tengah, termasuk piala porselin hadiah dari Napoleon Bonaparte kepada Susuhanan Pakubuwono IV (depan), Rabu (24/8/2011). Museum yang didirikan oleh KRA Sosrodiningrat IV pada tahun 1890 ini banyak mengoleksi peninggalan-peninggalan milik keraton. KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO Pengunjung mengamati benda-benda koleksi Museum Radya Pustaka di Kota Solo, Jawa Tengah, termasuk piala porselin hadiah dari Napoleon Bonaparte kepada Susuhanan Pakubuwono IV (depan), Rabu (24/8/2011). Museum yang didirikan oleh KRA Sosrodiningrat IV pada tahun 1890 ini banyak mengoleksi peninggalan-peninggalan milik keraton.
EditorI Made Asdhiana
SOLO, KOMPAS.com - Museum Radya Pustaka di Solo, Jateng, kembali memberikan layanan 'pakuwon' kepada masyarakat yang akan melakukan kosultasi mencari hari baik untuk menggelar hajatan, setelah ditutup sekitar delapan bulan karena sedang direnovasi.

"Kami tetap memberikan layanan 'pakuwon' kepada masyarakat yang akan mencari hari baik untuk menggelar hajatan seperti pernikahan, mendirikan rumah, dan lain-lain," kata Sekretaris Komite Museum Radya Pustaka, ST Wiyono kepada wartawan di Solo, Senin (28/4/2014).

Layanan 'pakuwon' (seperti perhitungan perbintangan Jawa) di Museum Radya Pustaka dibuka seminggu dua kali yaitu pada Selasa dan Kamis. "Memang dibuka setiap hari, tetapi karena keterbatasan tenaga sekarang seminggu hanya dibuka dua kali saja," katanya.

Menyinggung mengenai penarikan retribusi dalam layanan 'pakuwon', ia mengatakan, masalah ini belum ada aturannya sehingga sifatnya masih sukarela. "Masalah itu sukarela karena memang belum ada aturannya dan sekarang ini setiap buka ada empat sampai lima orang yang meminta jasa ini," katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pemkot Surakarta, Eny Tyasni mengatakan soal penarikan retribusi, pihaknya masih belum mengetahui karena belum ada payung hukumnya.

"Coba nanti akan cek dulu mengenai ini bagaimana aturannya yang jelas, agar nanti semua juga enak dan berjalan lancar, baik pengelola maupun yang meminta pelayanan jasa itu," kata Eny.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.