Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Jam Gadang Mini di Pasar Atas

Kompas.com - 02/05/2014, 10:16 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

KOMPAS.com - Kota Bukittinggi di Sumatera Barat identik dengan Jam Gadang. Menara besar peninggalan kolonial tersebut memiliki jam di empat bagian sisi atasnya. Jam Gadang memiliki pelataran yang cukup luas, sering dijadikan pusat kegiatan warga baik pada hari libur maupun hari kerja.

Masih berada di wilayah yang sama dengan pelataran Jam Gadang, terdapat Pasar Atas. Pasar Atas atau warga menyebutnya dengan Pasar Ateh menjadi tempat berkumpul pedagang kaki lima yang menjajakan aneka pernak-pernik. Sebut saja pakaian, hiasan dinding, boneka, dan mainan anak-anak.

Ada pula replika Jam Gadang dalam bentuk mini. Cukup banyak pedagang yang menjual replika jam gadang dalam ukuran kecil. Salah satunya adalah Vera.

Vera yang mengaku berjualan bersama suaminya membuka lapak dagangannya mulai siang hari hingga malam. Ya, karena saat-saat itu memang paling banyak warga yang datang ke Pasar Atas, baik itu warga setempat maupu wisatawan yang sedang liburan.

Replika Jam Gadang yang dijual oleh Vera merupakan buatan suaminya. Ia memiliki alat-alat pembuat replika Jam Gadang tersebut. Ada dua jenis replika Jam Gadang yang ia jual yakni yang terbuat dari kayu dan fiber.

Menurutnya, yang memiliki rasa seni paling tinggi adalah yang terbuat dari kayu. Karena dalam pengerjaannya benar-benar dibuat dengan tangan. Termasuk dalam pengukiran dan pengecatan bahan yang telah berbentuk jam.

"Tadinya ini semua polos kayunya lalu dikasih warna sendiri. Dicat pakai tangan, diukirnya juga pakai tangan," kata Vera.

Sedangkan bentuk dari fiber, tidak murni seratus persen buatan tangan. Masih menggunakan bantuan mesin dalam pembuatannya.

Untuk harga, ia memberi harga berbeda-beda sesuai bentuk dan bahan pembuatnya. Harga yang paling murah adalah Rp 40.000 sedangkan yang termahal adalah Rp 100.000.

Vira dan suaminya menjual cinderamata Jam Gadang tersebut selama lima tahun. Selain replika Jam Gadang, Vera pun menjual berbagai aksesoris lain yang kebanyakan merupakan hasil kerajinan tangan sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com