Rasa Italia di Ibu Kota, "Delizioso..."

Kompas.com - 05/05/2014, 09:14 WIB
Sejumlah menu ditawarkan Pesto Autentico di UOB Plaza, Jakarta. KOMPAS/RADITYA HELABUMISejumlah menu ditawarkan Pesto Autentico di UOB Plaza, Jakarta.
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA bukan saja ibu kota kuliner Nusantara, melainkan juga pertemuan masakan mancanegara, tak terkecuali masakan Italia. Aroma masakan negeri Romeo dan Juliet itu mengharumkan dapur-dapur Ibu Kota dan kota-kota di sekitarnya. Anda patut mencobanya. Hmmm, delizioso....

Tidak sulit mencari masakan berbau Italia di Jakarta dan kota-kota sekitarnya seperti Tangerang. Sebutlah misalnya Restoran Pesto Autentico dan Restoran Ocha and Bella di Jakarta serta Bianco Italian Restaurant di Tangerang.

Adalah Fausto La Fatta, koki asal Genoa, yang selalu menggali kreativitasnya menyajikan masakan Italia. Di Restoran Pesto Autentico, Fausto tidak hanya mengenalkan masakan seperti piza, lasagna, atau spageti, tetapi juga menawarkan olahan daging sapi, bebek, ataupun ikan.

Sajian masakan olahan Fausto dipengaruhi kekayaan kuliner Italia utara yang lebih dingin daripada wilayah selatan. Sama seperti Indonesia, Italia memiliki kekayaan kuliner di penjuru negeri yang secara geografis berbentuk seperti sepatu bot itu.

Petang itu, Fausto bergairah menawarkan sajian spaghetti con anatra rucola e grana, yaitu spageti yang diolah dengan daging bebek kukus dan keju permesan. Bebek dalam masakan ini diiris seperti irisan daging ayam pada soto lamongan yang dibumbui saus buatan sendiri. Daging bebek yang dikukus enam jam terasa empuk, lembut dalam gigitan.

Bagi yang suka gurih, sajian ini sangat cocok di lidah sebab tidak akan terasa enek. Sepiring spaghetti con anatra rucola e grana berwarna kehijauan itu dibanderol Rp 70.000 per porsi.

Menu yang tidak kalah menggoda adalah sajian baccala alla pesto. Masakan ikan baccala ini diolah dengan cabai panggang, minyak zaitun, sayuran, minuman anggur, dan saus mentega. Rasanya gurih, daging ikannya empuk, pas untuk santap malam. Harga masakan ini Rp 260.000 per porsi.

Jika Anda penggemar masakan domba muda, Fausto menawarkan menu lamb shank. Domba muda ini direbus dengan anggur merah dan saus tomat, lalu disajikan dengan kentang tumbuk. Sajian ini dihargai Rp 210.000 per porsi.

Ada juga sajian bernama bistica alla fiorentina yang diolah dari daging sapi satu kilogram setengah matang, tetapi empuknya sampai ke bagian dalam daging. Harga satu porsi masakan ini Rp 780.000.

Tempat pertemuan

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X