Kompas.com - 10/05/2014, 12:48 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F
KOMPAS.com - Setelah lebih dari 14 tahun wacana merubah rumah Charlie Chaplin  menjadi sebuah museum akhirnya dimulai. Charlie Chaplin merupakan aktor komedi asal Inggris yang melegenda lewat film-film bisu. Rencananya, museum ini akan buka di awal tahun 2016.

Sebagai bukti keseriusan proyek tersebut, pengembang pada Rabu (7/5/2014) seperti diberitakan oleh kantor berita AFP, menunjukan sebuah tempat di desa Corsier-sur-Vevey, Swiss. Hadir dalam acara tersebut, tiga dari delapan anak Charlie Chaplin hasil pernikahannya dengan Oona.

Di sinilah terdapat sebuah bangunan rumah menghadap ke Danau Jenewa. Rumah dengan dominan warna putih tersebut merupakan rumah yang ditempati Chaplin selama 25 tahun sisa hidupnya. Rumah bernama Manoir de Ban ini dikelilingi oleh taman.

Dalam dua tahun ke depan, rumah ini akan dibangun menjadi museum. Biaya yang diperkirakan akan keluar untuk proyek ini mencapi lebih dari 40 juta franc Swiss atau sekitar Rp 520 juta.

Kurator museum Yves Durand menyebutkan kepada AFP bahwa museum tersebut bertujuan untuk aspirasi budaya dan seni.

"Kami akan membangun sesuatu yang unik, sebuah museum yang memadukan budaya dan hiburan," katanya.

Pihak pengembang memerlukan lima tahun untuk menyelesaikan tuntutan hukum oleh para tetangga yang mengkhawatirkan akibat dari rencana tersebut. Tambahan lagi tujuh tahun untuk mendapatkan izin pembangunan.

"Sekarang semuanya siap. Kami sudah memiliki modalnya, pimpinan proyek, arsitek, scenographer, dan 'lampu hijau' dari pihak keluarga," tambah Durand.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.