Kompas.com - 10/05/2014, 14:02 WIB
Festival FloridaStock / Shutterstock.com Festival "International Balloon Fiesta" berlangsung setiap bulan Oktober di Albuquerque, Amerika Serikat
EditorNi Luh Made Pertiwi F
KOMPAS.com - Naik membelah langit dengan balon udara. Perlahan balon udara bergerak menawarkan panorama menakjubkan bumi di bawah sana. Beberapa negara di dunia menjadi "rumah" bagi balon-balon udara yang memikat wisatawan.

Operator balon udara menyuguhkan wisatawan pemandangan cantik dari atas balon udara. Pastikan mengetahui waktu terbaik untuk naik balon udara, biasanya di musim panas. Di Myanmmar misalnya waktu terbaik di bulan Maret-Desember. Berikut di antaranya seperti dikutip dari CNN Travel.

Shutterstock Balon udara di Cappadocia, Turki
Cappadocia, Turki. Salah satu destinasi balon udara yang terkenal di kalangan wisatawan Indonesia. Bebatuan unik yang terbentuk akibat erosi selama 2000 tahun menjadikan kawasan Cappadocia begitu cantik dilihat dari udara.

Operator Royal Balloon mengajak wisatawan naik udara selama 60 menit atau 90 menit ke ketinggian 304 meter. Tiket yang ditawarkan mulai dari 242 dollar AS per orang atau sekitar Rp 2,7 juta.

Melbourne, Australia. Dari ketinggian, akan tampak kota Melbourne yang megah. Operator Balloon Over Melbourne menawarkan perjalanan dengan balon udara selama sejam.

Wisatawan disuguhi pemandangan pusat bisnis di Melbourne lengkap dengan gedung-gedung pencakar langit dan taman-taman. Perjalanan tersebut diberi harga mulai dari 320 dollar AS per orang atau sekitar Rp 3,6 juta.

Seqoya / Shutterstock.com Balon udara di Bagan, Myanmar
Bagan, Myanmar. Destinasi satu ini yang paling dekat dengan Indonesia. Bagan sendiri terkenal sebagai daerah dengan 4.000 pagoda dan candi. Dulunya Bagan adalah ibu kota Kerajaan Myanmmar.

Terbang di atas Bagan akan disuguhi pemandangan candi-candi megah di sepanjang perjalanan. Operator balon udara yaitu Eastern Safaris menawarkan tiket balon udara mulai dari 320 dollar AS per orang atau sekitar  Rp 3,6 juta.

Shutterstock Balon udara di Serengeti, Tanzania.
Serengeti, Tanzania. Benua Afrika identik dengan safari di alam bebas. Jadi bayangkan naik balon udara dan melihat singa, jerapah, zebra, sampai kuda nil berkeliaran bebas di padang rumput dan sungai yang masih asri.

Operator Balloon Safari menawarkan wisatawan melihat kehidupan alam liar di taman nasional Serengeti dengan balon udara selama satu jam. Tiket balon udara ditawarkan mulai dari 529 dolar AS atau sekitar Rp 6 juta.

Albuquerque, Amerika Serikat. Albuquerque di negara bagian New Mexico menjadi rumah sebuah ajang tahunan bagi lebih dari 500 balon udara warna warni. Festival "International Balloon Fiesta" berlangsung pada bulan Oktober.

Area Balloon Fiesta Park yang berada di utara Albuquerque seluas sekitar 147 hektar menjadi tempat balon-balon udara tersebut. Di malam hari, para pilot menyalakan balon udara secara bersamaan hingga menghasilkan cahaya di kegelapan.

Operator Rainbow Ryders yang menyediakan tur balon udara di area festival selama acara berlangsung memberi harga mulai dari 299 dolar AS per orang atau sekitar Rp 3,4 juta. Lama perjalanan adalah satu jam.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNN Travel
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.