Kompas.com - 19/05/2014, 17:26 WIB
Stadion Nou Camp. KOMPAS/MOHAMMAD HILMI FAIQStadion Nou Camp.
EditorI Made Asdhiana
GERIMIS sisa hujan tadi malam masih menyelimuti pagi di musim semi akhir Maret lalu. Begitu membuka jendela kamar hotel, udara dingin segera menyergap. Namun itu tidak menyurutkan niat untuk berkunjung ke Stadion Nou Camp, markas klub sepak bola sejuta prestasi, Barcelona. Lionel Messi, bermain di sana.

Setelah mandi dan sarapan, saya bersama seorang rekan, menuju stasiun kereta api terdekat. Dengan tiket setara dengan Rp 42.000 dan hanya butuh waktu 30 menit kami tiba di Nou Camp.

Hujan masih mengguyur jalanan dan udara begitu dingin, tapi ada rasa hangat menjalar. Perasaan ekstase itu seketika muncul saat melihat bangunan bundar warna coklat bata, itu Stadion Nou Camp!!!

Langkah saya makin gegas menuju pintu utama stadion dan mencari loket penjualan tiket untuk dapat keliling stadion. Berdasarkan hasil pencarian di internet yang diperkuat keterangan petugas hotel tempat saya menginap, tarif masuk stadion sebesar 23 euro atau sekitar Rp 391.000.

Namun kami datang terlalu pagi. Loket baru buka pukul 10.00 waktu setempat, sementara kami tiba sekitar 45 menit lebih awal. Ada sekitar 35 pengunjung lain yang rupanya datang lebih dini daripada kami. Salah satunya Juliana, perempuan Brasil yang sudah enam bulan berada di Barcelona dalam rangka studi.

”Saya pencinta bola, terutama sepak bola Brasil. Tapi pesona Barcelona begitu kuat sehingga saya penasaran untuk datang kemari,” uangkap Juliana. Kami lantas melanjutkan perbincangan tentang prestasi dan para pemain Barca sambil menunggu loket dibuka.

KOMPAS/MOHAMMAD HILMI FAIQ Salah seorang pengunjung, Juliana, menunjukkan tiket masuk museum Stadion Nou Camp, Barcelona.
Begitu di depan loket, kami menyodorkan sejumlah uang yang cukup untuk membeli dua tiket. ”Hari ini pengunjung tidak dapat menjelajah seluruh isi stadion seperti biasanya karena besok Barcelona mau bertanding dengan Atletico Madrid. Jadi, harga tiket turun tinggal 17 euro,” kata Jordi R, petugas tiket. Tak masalah bagi kami. Sisa uang tiket kami pakai untuk membeli buku panduan wisata stadion seharga 5 euro.

Deretan prestasi

Stadion Nou Camp yang dibuka pada 24 September 1957 ini merupakan stadion terbesar di Eropa. Memiliki kapasitas tempat duduk yang cukup untuk 100.000 orang. Pada 1999, organisasi sepak bola Eropa (UEFA) menganugerahinya sebagai stadion bintang lima, skor tertinggi. Pengelola membuat program kunjungan turis untuk melihat-lihat sekeliling stadion. Jumlah pengunjung bisa mencapai 10.000 orang per hari.

Stadion kebanggaan Catalan ini dilengkapi museum yang bercerita tentang sejarah dan prestasi Barca selama lebih dari satu abad berkiprah dalam persepakbolaan. Begitu melewati pintu masuk, saya terperangah dengan deretan trofi yang dipajang dalam deretan etalase sepanjang 50 meter di Zona A stadion.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.