Kompas.com - 20/05/2014, 14:17 WIB
EditorI Made Asdhiana
BOGOR, KOMPAS.com - Penyelenggara tour dan travel dari 12 negara di dunia akan mengunjungi Kota Bogor, Jawa Barat, dalam rangka kegiatan Jabar Travel Exchange (JTX).

Wali Kota Bogor Bima Arya menyambut baik kedatangan tamu 180 orang penyelenggara tour dan travel dari mancanegara tesebut. "Ini momentum yang sangat jarang terjadi. Sebagai tuan rumah kita bertugas menyambut dengan baik," ujar Bima di Bogor, Selasa (20/5/2014).

Bima mengapresiasi upaya dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bogor yang telah menyiapkan rencana penyambutan 180 tamu dari mancanegara tersebut dengan mempertontonkan kesenian dan budaya Sunda.

"Kehadiran mereka menjadi kesempatan buat Kota Bogor mempromosikan pariwisata yang kita miliki," ujar Bima.

Kedatangan penyelenggara tour dan travel dari 12 negara tersebut dijadwalkan tiba di Kota Bogor pada Kamis (22/5/2014) mendatang. Negara-negara penyelenggara tour dan travel yang akan berkunjung tersebut diantaranya Saudi Arabia, Thailand, Singapura, Malaysia, Korea, Jepang, Belanda dan beberapa negara lainnya.

Ketua Panitia Pelaksana JTX Bogor, Zaenal Syafrudin mengatakan kegiatan Jabar Travel Exchange telah diselenggarakan selama 16 tahun, dan baru tahun ini Kota Bogor masuk dalam daftar kunjungan. "Selain Kota Bogor, penyelenggara tour dan travel mancanegara ini akan berkunjung ke Kabupaten Bogor," ujar Zaenal.

Menurut Zaenal kegiatan tersebut menjadi kesempatan emas bagi Kota Bogor mempromosikan dan memperkenalkan pariwisata di wilayah tersebut.

Selain dihadiri penyelenggara tour dan travel mancanegara, juga hadir dalam kunjungan pemilik travel dari sejumlah wilayah di Indonesia seperti Kalimantan, Jawa dan Bali.

KOMPAS IMAGES/FIKRIA HIDAYAT Bocah bermain layang-layang di depan lumbung padi di Kampung Budaya Sindang Barang, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Bogor, Rabu (19/1/2011).
"Jadi jangan sampai disia-siakan. Para panitia JTX akan menyambut para tamu mancanegara dengan mengenakan pakaian sunda, yakni baju kampret pangsi lengkap dengan totopong (ikat kepala)," ujar Zaenal.

Zaenal menambahkan tamu mancanegara tersebut akan tiba di Kota Bogor Kamis mendatang, diberangkatkan dari Bandung. Lokasi yang akan dikunjungi oleh para tamu tersebut seperti Hotel Salak, Istana Bogor, Rumah Air, lalu menuju Kabupaten Bogor.

Dari rumah air, dengan menggunakan angkot mereka akan menuju Kampung Budaya Sindangbarang, dan ke Puncak. Para tamu juga berkesempatan berinteraksi dan berbagi pengalaman dengan para pelaku pariwisata serta meninjau pameran di Hotel Seruni Puncak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.