Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

250 Peserta FPI Jadi Duta Pariwisata Wakatobi

Kompas.com - 22/05/2014, 11:45 WIB
WANGI-WANGI, KOMPAS.com - Sebanyak 250 pelajar mahasiswa peserta Forum Pemuda Indonesia (FPI) ketiga jadi Duta Pariwisata Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Hal itu disampaikan Presiden FPI Fajar Kurniawan saat memberi sambutan pada pembukaan acara FPI III, di Wangi-wangi, Rabu (21/5/2014).

"Keindahan alam bawah laut Wakatobi dan berbagai tradisi budaya masyarakatnya akan diperkenalkan oleh para duta pariwisata ini ke berbagai daerah di Indonesia bahkan dunia selama dua tahun ke depan," katanya.

Menurut Fajar, alam bawah laut Wakatobi yang menjadi rumah bagi 750 jenis terumbu karang dan 942 jenis ikan, sangat pantas diperkenalkan kepada masyarakat dunia. Karena memang alam bawah laut Wakatobi yang terletak di pusat segitiga terumbu karang dunia ini sangat indah dan fantastis.

"Keindahan alam yang merupakan karunia Allah ini, perlu dinikmati oleh masyarakat dunia, terutama para pencita alam bawah laut," katanya.

Sementara itu, Asisten Deputi Peningkatan SDM Kementerian Pemuda dan Olahraga, Imam Gunawan yang membuka kegiatan FPI yang akan berlangsung hingga 24 Mei 2014 itu mengatakan pemuda memiliki andil besar dalam mendorong kemajuan bangsa.

KOMPAS.com/Indra Akuntono Pulau Hoga, Taman Nasional Laut Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Sabtu (12/10/2013).
"Kita sangat menyadari, kalau para pemuda akan mengambil alih kepemimpinan bangsa ini karena kaum tua pada akhirnya harus meletakkan tongkat estafet kepemimpinan nasional," katanya.

Bupati Wakatobi, Hugua mengatakan Pemerintah Kabupaten Wakatobi selama kurang lebih 10 tahun terakhir tidak membangun fisik seperti gedung atau jembatan tetapi membangun kebudayaan masyarakat.

"Kami pemerintah masyarakat Wakatobi sangat menghargai tradisi budaya masyarakat. Karena itu kami menjadikan tradisi budaya masyarakat sebagai kekuatan membangun Wakatobi," katanya.

Oleh karena itu, tambah Hugua, para peserta FPI ditempatkan di rumah-rumah warga, dengan harapan para peserta dapat belajar memahami budaya masyarakat Wakatobi, terutama dalam memperlakukan tamu-tamu daerah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com