Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penting! Informasi untuk Turis Indonesia di Thailand

Kompas.com - 23/05/2014, 08:52 WIB

KOMPAS.com — Terkait situasi politik yang saat ini berlangsung di Thailand, khususnya Bangkok, turis asal Indonesia yang tengah berada di Thailand dapat menghubungi langsung KBRI Bangkok di nomor telepon 0929-031103, 0929-951595, atau 0929-951596, berdasarkan surat edaran dari KBRI Bangkok. Informasi juga bisa didapatkan melalui situs www.kemlu.go.id/bangkok dan www.facebook.com/komunitasindonesiadithailand.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kamis (22/5/2014) pukul 17.00 waktu Bangkok, pihak militer Thailand mengambil alih pemerintahan negara. Seperti diumumkan oleh Tourism Authority of Thailand (TAT), jam malam diberlakukan pukul 22.00-05.00 waktu setempat sejak Kamis (22/5/2014) malam.

Sementara itu, tempat usaha dan pelayanan publik beroperasi sesuai jam malam tersebut. Seperti diumumkan oleh pihak militer, jam malam berlaku sampai ada pengumuman selanjutnya. Berikut ini hal-hal lain yang perlu diperhatikan:

Diam di penginapan. WNI diimbau untuk tidak meninggalkan tempat tinggal atau penginapan jika tidak ada keperluan mendesak, terutama pada malam hari.

Imbauan pakaian. Menghindari penggunaan atribut atau pakaian berwarna merah, kuning, atau hitam yang bisa disalahtafsirkan sebagai bagian anggota/kelompok yang bertikai.

Jauhi tempat demonstrasi. Segera menjauhi tempat-tempat berkumpulnya massa, terutama pada malam hari. Tetap pula untuk waspada atau memantau perkembangan situasi di sekitarnya secara saksama. Bila melihat pergerakan massa, segera menghindar ke tempat lebih aman.

Bawa identitas. Terus membawa kartu identitas diri di mana pun berada. Hal ini berarti paspor dan identitas lainnya.

Hubungi KBRI Bangkok. Segera hubungi KBRI Bangkok jika mengalami masalah berkaitan dengan hal-hal di atas. Serta ikuti perkembangan informasi selanjutnya dari KBRI Bangkok secara berkala.

Bandara tetap buka. Semua bandara di Thailand tetap buka. Para penumpang dengan pesawat kedatangan ataupun keberangkatan pada jadwal malam tetap dapat melakukan perjalanan ke dalam dan keluar dari bandara. Namun, para turis disarankan untuk menyiapkan semua dokumen perjalanan selama melakukan perjalanan, baik menuju maupun dari bandara.

Nomor kontak untuk wisatawan. Turis yang memerlukan informasi dan bantuan bisa mengontak langsung pihak TAT melalui call center 1672. Pihak TAT akan terus memberikan informasi terkini.

Nomor lainnya. Berikut nomor-nomor penting yang perlu disimpan oleh turis yang tengah berada di Thailand.

Tourist Police Call Centre 1155

Traffic Police Call Centre 1197

BMTA (City Bus and Van Service) Call Centre 1348

BTS Hotline +66 (0) 2617 6000

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com