Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dermaga Apung Singkarak Menarik Perhatian Wisatawan

Kompas.com - 23/05/2014, 12:16 WIB
AROSUKA, KOMPAS.com - Keberadaan dermaga apung di kawasan dermaga Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, menarik perhatian wisatawan apalagi nantinya kawasan tersebut menjadi pusat pelaksanaan Tour de Singkarak (TdS).

"Dengan adanya TdS kawasan Danau Singkarak menjadi pusat perhatian masyarakat dan para wisatawan yang berkunjung ke sana," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) M Al Fajri di Arosuka, Kamis (22/5/2014).

Pihaknya berharap keberadaan dermaga apung tersebut dapat menunjang kunjungan wisatawan ke daerah memiliki banyak obyek wisata itu.

Diakui Fajri, masih banyak kekurangan yang harus dibenahi untuk menjadikan obyek wisata yang ada di Kabupaten Solok sebagai lokasi tujuan wisata.

Untuk menjadikan Solok sebagai daerah tujuan wisata, Pemkab Solok menetapkan tiga kawasan destinasi wisata yang didasarkan pada potensi yang ada. Di antaranya kawasan bagian selatan dengan potensi alam Danau Kembar dan perkebunan teh. Kemudian, bagian tengah dengan hutan kota, dan bagian utara mengandalkan Danau Singkarak.

KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN Lokomotif uap Mak Itam menarik gerbong berisi pebalap dan ofisial yang berlaga di Tour de Singkarak 2012 menuju start etape pertama di Sawahlunto di tepian Danau Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Minggu (3/6/2012).
Pemkab Solok terus berupaya menjadikan perkembangan wisata di daerah itu lebih fokus dan terarah. Namun di samping itu, dibutuhkan juga dukungan masyarakat di sekitar obyek wisata untuk pengembangan wisata itu sendiri.

"Selain berupaya melengkapi sarana pendukung wisata, kita juga berupaya melakukan pembinaan kepada masyarakat, khususnya di kawasan obyek wisata agar mereka memahami konsep pariwisata," kata Fajri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com