Kompas.com - 24/05/2014, 09:42 WIB
Pelajar sedang mempraktikkan bahasa Inggris dengan wawancarai turis asing yang juga peserta Pulau Merah Banyuwangi International Surfing Competition 2014, Jumat (23/5/2014). KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATIPelajar sedang mempraktikkan bahasa Inggris dengan wawancarai turis asing yang juga peserta Pulau Merah Banyuwangi International Surfing Competition 2014, Jumat (23/5/2014).
|
EditorI Made Asdhiana
BANYUWANGI, KOMPAS.com - Eko Budi Prasetyo, pelajar SMK PGRI Pesanggaran bersama dengan teman sekelasnya yang masih menggunakan seragam sekolah sibuk mewawancarai turis asing yang berkunjung di Pantai Pulau Merah, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (23/5/2014). Sementara salah seorang temannya mengabadikannya dalam bentuk video. "Iya ini dapat tugas buat wawancara sama bule yang datang di Pulau Merah. Pokoknya bule, mau turis atau pun peselancar," jelasnya kepada Kompas Travel.

Siswa kelas 1 itu menjelaskan tugas wawancara tersebut merupakan salah tugas untuk mata pelajaran bahasa Inggris yang diberikan oleh gurunya. "Kami dibentuk beberapa kelompok dan diminta menyusun beberapa pertanyaan dengan bahasa Inggris menanyakan siapa namanya, dari negara mana dan bagaimana pendapatnya saat berkunjung di Pulau Merah," jelasnya.

Saat ditanya apa kesulitannya, Eko tertawa. "Bulenya kadang-kadang susah mengerti apa yang kami ucapkan. Logatnya kan beda. Beberapa kali dia bilang, maaf bisa diulang pertanyaannya? Akhirnya kami sodorkan saja pertanyaan yang sudah kami tulis di kertas," ucapnya sembari tertawa lepas.

Rencananya, hasil jawabannya nanti akan di buat dalam bentuk laporan dan dipresentasikan di sekolah dengan menggunakan bahasa Inggris. "Enaknya bisa langsung praktik ngomong. Kalau di sekolahan kan banyaknya teori," kata Eko.

Sementara itu. Michel, wisatawan dari Australia yang diwawancarai para pelajar mengaku senang bisa membantu mereka belajar bahasa Inggris. "Kebetulan saya juga kuliah di Udayana Bali. Jadi saya bisa berbahasa Indonesia. Bisa tukar ilmu dengan mereka. Saya menambah kosakata bahasa Indonesia dan saya menjawab pertanyaan mereka serta mengoreksi jika ada susunan kalimat yang kurang lengkap," ungkapnya.

Kepada Kompas Travel, Michel mengaku datang ke Pulau Merah karena diajak salah seorang temannya yang juga seorang peselancar. "Ini baru pertama kalinya. Dan surprise langsung diwawancarai oleh anak sekolah," katanya sambil tertawa.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.